SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

RUANG MANAJEMEN

Perusahaan Yang Menua

SERUJI.CO.ID – Adakah perusahaan yang menua? Apakah perusahaan tempat Anda berkarya juga menua? Bahayakah perusahaan yang menua? Saya akan menjelaskannya dengan sebuah contoh.

Misalkan DEF adalah sebuah perusahaan restoran besar. Didirikan di atas lahan seluas satu hektar di sebuah kota kabupaten. Menunya enak. Desain interior dan eksterior bagus. Pembelinya nyaman. Parkirnya luas sehingga para tamu menyukainya.


DEF berdiri sepuluh tahun lalu. Tahun 2012. Karena didirikan oleh seorang profesional bermodal kuat maka sejak awal resto sudah didesain beroperasi penuh. Jumlah karyawan penuh. Sejak awal karyawannya 30 orang. Menu lengkap. Pimpinannya dipilih dari orang yang berpengalaman bekerja di resto sebuah hotel besar.

Dari 30 orang karyawan yang direkrut pada saat pembukaan, sebagian besar adalah anak-anak muda usia 20-an. Hanya beberapa orang senior yang direkrut seperti pimpinan resto tadi. Ketika itu, dari 30 orang rata-rata usianya adalah 24,2 tahun. Rata-rata dihitung dengan menjumlahkan usia seluruh karyawan dibagi dengan jumlah total karyawan yaitu 30 orang. Jumlah usia seluruh karyawan saat itu adalah 726 tahun dibagi 30 orang menghasilkan rata-rata di atas.

Tahun 2013 tidak ada perubahan karyawan. Dengan demikian tepat ketika usia resto satu tahun rata-rata usia karyawannya adalah 25,2. Mereka semua bekerja dengan baik karena memang perekrutannya dilakukan oleh lembaga perekrutan profesional. Mereka pun loyal-loyal.

Lima tahun pertama semua mereka bertahan. Dengan demikian rata-rata usia mereka pada tahun 2017 adalah 29,2 tahun.

Waktu berjalan terus. Tibalah tahun 2019. Sampai tahun ini tidak ada perubahan karyawan. Rata-rata usia naik menjadi 31,2 tahun. Tahun 2020 puncak pandemi ada 2 karyawan yang meninggal karena Covid. Masing-masing berusia 30 dan 32 tahun. Dengan demikian dari 28 karyawan yang tersisa usianya adalah 28 x 31,2 tahun yaitu 873,6 tahun.

Pada era pandemi perusahaan bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Transaksi online nya kencang. Maka begitu ada 2 karyawan meninggal langsung direkrut karyawan baru masing-masing usia 20 dan 22 tahun. Dengan demikian jumlah usia seluruh karyawan adalah 873,6 ditambah 20 dan 22 yaitu 915,6. Dibagi 30 maka rata-rata usia karyawan adalah 30,52 tahun. Sedikit menurun dari sebelumnya yaitu 31,2 tahun.

Iman Supriyono
Iman Supriyonohttps://seruji.co.id/profile/iman-supriyono
Senior Consultant at SNF Consulting. Untuk konsultasi silahkan isi form di sini atau Chat Via WA
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

SNF TERBARU

Perampok Budiman

Bom Waktu PDAM Surabaya

Chiquita: Sejarah Korporasi Pisang

Korporasi Sepak Bola: Bali United

Tinggalkan Mentalitas Business Owner

SNF CONSULTING

Senior Consultant at SNF Consulting. Untuk konsultasi silahkan isi form di sini atau Chat Via WA

SNF TERPOPULER

close