Menristekdikti: Pemerintah Siapkan Rp5 Triliun untuk Beasiswa


JOMBANG, SERUJI.CO.ID – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran hampir Rp5 triliun untuk beasiswa bagi 90 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Saya berharap santri mengambil peluang yang besar itu. Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia,” kata Nasir di depan santri Kelas XII di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Ahad (18/3).

Ia mengatakan, bila ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur, Nasir menyebut di Surabaya ada Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan politeknik.

Begitu juga di Malang ada Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Sedangkan di Madiun dan Jember ada politeknik negeri dan Universitas Negeri Jember.

“Di Jawa Tengah ada Universitas Negeri 11 Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto. Banyak perguruan tinggi negeri,” tuturnya.

Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berjumlah 122 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

“Harapan saya, santri bisa masuk perguruan tinggi negeru dengan baik. Syaratnya, harus belajar yang rajin dan jaga kesehatan,” katanya.

Nasir menyosialisasikan Beasiswa Bidikmisi di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Nasir membagi-bagikan hadiah kepada santri yang berani dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan. Nasir juga memberikan tiga laptop kepada santri berprestasi dan berasal keluarga tidak mampu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close