Kodam Cenderawasih Klarifikasi Isu Bom Fosfor di Nduga Papua

Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Inf Muhammad Aidi dan Kapaldam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Dwi Soemartono. (foto:Faisal N/SERUJI)

“Intinya, KKB ini kan tidak punya identitas dan kami tak melakukan penembakan kepada orang yang tak miliki senjata, walaupun kami tahu ada mereka juga dimasyarakat,” imbuhnya menegaskan.

Apa lagi menurut Aidi, jika ada warga yang tewas di lokasi dimana TNI diserang, maka bisa dikatakan ia bukan murni warga sipil.

Baca juga: Pegiat HAM: Masyarakat dan TNI-Polri Rayakan Natal Bersama di Nduga Papua

“TNI tak akan menembak warga, kami hadir untuk warga, lihat saat KLB Asmat, TNI maupun Polri ikut membantu, jadi isu-isu yang tidak benar kita jangan besar-besarkan lalu melupakan bahwa ada puluhan karyawan PT Istaka Karya yang dibantai KKB, juga masih ada 4 orang karyawan yang tak diketahui nasibnya, ini yang jadi fokus kita,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga berkesempatan mendemonstrasikan cara kerja granat asap di depan kantor Pendam XVII/Cenderawasih.

Sebelumnya, media di Australia, The Saturday Paper, memberitakan militer Indonesia menggunakan bom fosfor untuk mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada pertengahan Desember lalu.

Dalam berita The Saturday Paper berjudul Exclusive: Chemical weapons dropped on Papua yang terbit pada Sabtu (22/12), dilaporkan bukti militer Indonesia menggunakan bom fosfor tampak dari tubuh korban yang mengalami luka bakar di seluruh tubuhnya.(Faisal N/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER