Pegiat HAM: Masyarakat dan TNI-Polri Rayakan Natal Bersama di Nduga Papua


JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Perayaan Natal di Kabupaten Nduga. Papua, berlangsung aman dan damai, masyarakat di wilayah setempat dan aparat keamanan merayakannya bersama-sama.

Hal ini terlihat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (24/12) kemarin. Masyarakat larut dalam perayaan Natal bersama anggota TNI-Polri, pegiat HAM, dan beberapa wartawan.

“Perayaan Natal bersama antara masyarakat dengan TNI-Polri di Distrik Mbua Kabupaten Nduga kemarin berjalan aman dan lancar,” kata Direktur Perhimpunan Advokasi Kebijakan dan Hak Asasi Manusia (PAK-HAM) Papua Matius Murib dalam pesan singkatnya kepada SERUJI, Selasa (25/12).

Namun, Matius mendapat informasi masih ada warga di distrik lain, yaitu Distrik Yigi yang mengungsi di hutan.

“Saya dapat informasi bahwa hanya sebagian warga di Distrik Yigi yang sudah kembali, sementara sebagian lainnya masih mengungsi di hutan belantara,” ujarnya.

Rencananya, setelah perayaan Natal pada hari ini, Selasa (25/12), kata Matius, pihak gereja akan melakukan kunjungan ke Distrik Yigi dan mengajak warga yang lari ke hutan untuk kembali.

Hingga saat ini ada 4 korban yang merupakan karyawan PT. Istaka Karya belum ditemukan pihak TNI-Polri. Saat ini upaya pencarian pun masih terus dilakukan.

Rencananya, Matius Murib akan berada di Kabupaten Nduga sampai 3 Januari 2019 mendatang.

Ia turut melakukan investigasi terkait pembantaian pekerja proyek jembatan Trans Papua oleh kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM), yang disebut polisi sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua, pada awal Desember lalu. (Faisal N/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close