dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah (Konsultan) yang terlahir di Indramayu 21 Oktober 1951 ini, sudah mengabdikan ilmunya di dunia kedokteran lebih dari 40 tahun, bahkan masih aktif hingga sekarang.

Dokter yang mempunyai motto “Illahi Anta maqshuudii, wa ridhoka mathluubii, aatinii mahabbataka wa ma’rifataka” (ya Allah, Engkaulah puncak tujuanku, dan hanya ridhoMu yang kumohon, berilah aku kecintaan dan kenal kepadamu ) ini, selalu memegang nasehat ayahnya bahwa apabila berbuat baik ke orang lain janganlah berharap balasan, Allah yang akan membalas dari arah yang tak terduga. Dan nilai-nilai luhur tersebut beliau tanamkan juga ke anak-anaknya.

Pernah suatu malam jam 02.00 dini hari, saat masih menjadi dokter umum dan tinggal di daerah Ciputat, Tangerang, istri Dra Yusma Yetti ini digedor-gedor seorang anak muda yang minta tolong karena orang tuanya tidak sadarkan diri. Dia menghiba “Budi baik dokter akan saya ingat sepanjang hidupku”. Begitulah janji manis pemuda tersebut.

Kemudian berangkatlah dokter yang bersahaja ini dibonceng motor pemuda yang jarak rumahnya lumayan jauh. Setelah melakukan pemeriksaan disimpulkan bahwa bapak tersebut terdiagnosa hipoglikemi (kondisi gula darah pasien dibawah normal, merupakan kondisi gawat darurat dan butuh penanganan cepat, bila terlambat penanganan bisa menimbulkan kematian).

Kemudian dr. Pramudjo melakukan tindakan cepat dan tepat, dengan menyuntikkan dextrose 40% dua flacon sehingga bapak tersebut sadar. Padahal dalam batin beliau saat itu deg-degan khawatir pasien tersebut tiba-tiba meninggal. “coba kalau tiba-tiba meninggal, bagaimana nasib saya?” ucapnya dalam hati.

Setelah melihat kondisi pasien sudah membaik, dr. Pramudjo pamit. Namun pemuda yang berjanji akan terus mengenang sampai akhir hayatnya budi baik dokter yang telah menyelamatkan nyawa ayahnya tersebut malah berkata, “Pak dokter bisa pulang sendiri kan?”. Dijawab sama beliau ”Kenapa tidak? Saya masih bisa jalan kaki”. Akhirnya beliau jalan kaki sendiri dini hari jam 3 pagi tanpa ada yang menemani dengan jarak yang lumayan jauh. Sambil berjalan beliau terngiang-ngiang nasehat ayahnya.

Selain aktif di dunia kesehatan ayah dari 5 orang anak ini juga aktif mengajak teman-teman sejawatnya beraktifitas di bidang lain.

Saat ini dr. Pramudjo duduk sebagai pengawas Koperasi (Pers) Swamedia Mitra Bangsa, yaitu perusahan pers berbadan hukum koperasi pertama di Indonesia yang merupakan pemilik dari media SERUJI. Ia sangat aktif menyadarkan teman-teman sejawatnya untuk bergabung dengan koperasi tersebut.

Selain di Koperasi Swamedia, ia juga mempelopori pendirian Koperasi Serba Usaha (KSU) yang diberi nama Koperasi Syariah Dokter Riau Madani, yang banyak melibatkan teman-teman sejawatnya.

DATA PRIBADI
Nama : dr. Pramudjo Abdulgani, SpJP(K),FIHA
Istri : Dra. Yusma Yetti
Anak
1. Prayudi Abdulgani
2. Yuni Melani
3. Yogi Prawira
4. Yoga Pradipta R
5. Yessi Paramitha
Menantu
1. Poppy Lolyta
2. Nugroho Bakti Aryadi
3. Ferina Saat
Cucu : Syifa, Thariq, Athar, Tasya, Ariq

RIWAYAT PENDIDIKAN
SDN 1 Indramayu, Jabar
SMPN 1 Indramayu
SMAN 1 Cirebon
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) lulus tahun 1977
Program Pendidikaan Dokter Spesialis (PPDS) program study Kardiologi FK UI / RS Jantung Harapan Kita lulus tahun 1990
Fellow Interventional Cardiology FKUI/ RS Jantung Harapan Kita

RIWAYAT PEKERJAAN
Puskesmas Kresek, Tangerang
Kepala Puskesmas Ciputat, Tangerang
Kepala Seksi P3M Dinas Kesehatan Tangerang
RSUD Pekanbaru
RS PMC Pekanbaru (masih aktif)
RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru (masih aktif)
Praktek di Apotek Asean 2 Pekanbaru (masih aktif)

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, adalah anggota Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa dari Pengda GMKM Riau-Sumbar.

 

(dr. Endang S/Hrn)

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER