dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah (Konsultan) yang terlahir di Indramayu 21 Oktober 1951 ini, sudah mengabdikan ilmunya di dunia kedokteran lebih dari 40 tahun, bahkan masih aktif hingga sekarang.

Dokter yang mempunyai motto “Illahi Anta maqshuudii, wa ridhoka mathluubii, aatinii mahabbataka wa ma’rifataka” (ya Allah, Engkaulah puncak tujuanku, dan hanya ridhoMu yang kumohon, berilah aku kecintaan dan kenal kepadamu ) ini, selalu memegang nasehat ayahnya bahwa apabila berbuat baik ke orang lain janganlah berharap balasan, Allah yang akan membalas dari arah yang tak terduga. Dan nilai-nilai luhur tersebut beliau tanamkan juga ke anak-anaknya.

Pernah suatu malam jam 02.00 dini hari, saat masih menjadi dokter umum dan tinggal di daerah Ciputat, Tangerang, istri Dra Yusma Yetti ini digedor-gedor seorang anak muda yang minta tolong karena orang tuanya tidak sadarkan diri. Dia menghiba “Budi baik dokter akan saya ingat sepanjang hidupku”. Begitulah janji manis pemuda tersebut.

Kemudian berangkatlah dokter yang bersahaja ini dibonceng motor pemuda yang jarak rumahnya lumayan jauh. Setelah melakukan pemeriksaan disimpulkan bahwa bapak tersebut terdiagnosa hipoglikemi (kondisi gula darah pasien dibawah normal, merupakan kondisi gawat darurat dan butuh penanganan cepat, bila terlambat penanganan bisa menimbulkan kematian).

Kemudian dr. Pramudjo melakukan tindakan cepat dan tepat, dengan menyuntikkan dextrose 40% dua flacon sehingga bapak tersebut sadar. Padahal dalam batin beliau saat itu deg-degan khawatir pasien tersebut tiba-tiba meninggal. “coba kalau tiba-tiba meninggal, bagaimana nasib saya?” ucapnya dalam hati.

Setelah melihat kondisi pasien sudah membaik, dr. Pramudjo pamit. Namun pemuda yang berjanji akan terus mengenang sampai akhir hayatnya budi baik dokter yang telah menyelamatkan nyawa ayahnya tersebut malah berkata, “Pak dokter bisa pulang sendiri kan?”. Dijawab sama beliau ”Kenapa tidak? Saya masih bisa jalan kaki”. Akhirnya beliau jalan kaki sendiri dini hari jam 3 pagi tanpa ada yang menemani dengan jarak yang lumayan jauh. Sambil berjalan beliau terngiang-ngiang nasehat ayahnya.

Selain aktif di dunia kesehatan ayah dari 5 orang anak ini juga aktif mengajak teman-teman sejawatnya beraktifitas di bidang lain.

Saat ini dr. Pramudjo duduk sebagai pengawas Koperasi (Pers) Swamedia Mitra Bangsa, yaitu perusahan pers berbadan hukum koperasi pertama di Indonesia yang merupakan pemilik dari media SERUJI. Ia sangat aktif menyadarkan teman-teman sejawatnya untuk bergabung dengan koperasi tersebut.

Selain di Koperasi Swamedia, ia juga mempelopori pendirian Koperasi Serba Usaha (KSU) yang diberi nama Koperasi Syariah Dokter Riau Madani, yang banyak melibatkan teman-teman sejawatnya.

DATA PRIBADI
Nama : dr. Pramudjo Abdulgani, SpJP(K),FIHA
Istri : Dra. Yusma Yetti
Anak
1. Prayudi Abdulgani
2. Yuni Melani
3. Yogi Prawira
4. Yoga Pradipta R
5. Yessi Paramitha
Menantu
1. Poppy Lolyta
2. Nugroho Bakti Aryadi
3. Ferina Saat
Cucu : Syifa, Thariq, Athar, Tasya, Ariq

RIWAYAT PENDIDIKAN
SDN 1 Indramayu, Jabar
SMPN 1 Indramayu
SMAN 1 Cirebon
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) lulus tahun 1977
Program Pendidikaan Dokter Spesialis (PPDS) program study Kardiologi FK UI / RS Jantung Harapan Kita lulus tahun 1990
Fellow Interventional Cardiology FKUI/ RS Jantung Harapan Kita

RIWAYAT PEKERJAAN
Puskesmas Kresek, Tangerang
Kepala Puskesmas Ciputat, Tangerang
Kepala Seksi P3M Dinas Kesehatan Tangerang
RSUD Pekanbaru
RS PMC Pekanbaru (masih aktif)
RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru (masih aktif)
Praktek di Apotek Asean 2 Pekanbaru (masih aktif)

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, adalah anggota Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa dari Pengda GMKM Riau-Sumbar.

 

(dr. Endang S/Hrn)

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close