dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah (Konsultan) yang terlahir di Indramayu 21 Oktober 1951 ini, sudah mengabdikan ilmunya di dunia kedokteran lebih dari 40 tahun, bahkan masih aktif hingga sekarang.

Dokter yang mempunyai motto “Illahi Anta maqshuudii, wa ridhoka mathluubii, aatinii mahabbataka wa ma’rifataka” (ya Allah, Engkaulah puncak tujuanku, dan hanya ridhoMu yang kumohon, berilah aku kecintaan dan kenal kepadamu ) ini, selalu memegang nasehat ayahnya bahwa apabila berbuat baik ke orang lain janganlah berharap balasan, Allah yang akan membalas dari arah yang tak terduga. Dan nilai-nilai luhur tersebut beliau tanamkan juga ke anak-anaknya.

Pernah suatu malam jam 02.00 dini hari, saat masih menjadi dokter umum dan tinggal di daerah Ciputat, Tangerang, istri Dra Yusma Yetti ini digedor-gedor seorang anak muda yang minta tolong karena orang tuanya tidak sadarkan diri. Dia menghiba “Budi baik dokter akan saya ingat sepanjang hidupku”. Begitulah janji manis pemuda tersebut.

Kemudian berangkatlah dokter yang bersahaja ini dibonceng motor pemuda yang jarak rumahnya lumayan jauh. Setelah melakukan pemeriksaan disimpulkan bahwa bapak tersebut terdiagnosa hipoglikemi (kondisi gula darah pasien dibawah normal, merupakan kondisi gawat darurat dan butuh penanganan cepat, bila terlambat penanganan bisa menimbulkan kematian).

Kemudian dr. Pramudjo melakukan tindakan cepat dan tepat, dengan menyuntikkan dextrose 40% dua flacon sehingga bapak tersebut sadar. Padahal dalam batin beliau saat itu deg-degan khawatir pasien tersebut tiba-tiba meninggal. “coba kalau tiba-tiba meninggal, bagaimana nasib saya?” ucapnya dalam hati.

Setelah melihat kondisi pasien sudah membaik, dr. Pramudjo pamit. Namun pemuda yang berjanji akan terus mengenang sampai akhir hayatnya budi baik dokter yang telah menyelamatkan nyawa ayahnya tersebut malah berkata, “Pak dokter bisa pulang sendiri kan?”. Dijawab sama beliau ”Kenapa tidak? Saya masih bisa jalan kaki”. Akhirnya beliau jalan kaki sendiri dini hari jam 3 pagi tanpa ada yang menemani dengan jarak yang lumayan jauh. Sambil berjalan beliau terngiang-ngiang nasehat ayahnya.

Selain aktif di dunia kesehatan ayah dari 5 orang anak ini juga aktif mengajak teman-teman sejawatnya beraktifitas di bidang lain.

Saat ini dr. Pramudjo duduk sebagai pengawas Koperasi (Pers) Swamedia Mitra Bangsa, yaitu perusahan pers berbadan hukum koperasi pertama di Indonesia yang merupakan pemilik dari media SERUJI. Ia sangat aktif menyadarkan teman-teman sejawatnya untuk bergabung dengan koperasi tersebut.

Selain di Koperasi Swamedia, ia juga mempelopori pendirian Koperasi Serba Usaha (KSU) yang diberi nama Koperasi Syariah Dokter Riau Madani, yang banyak melibatkan teman-teman sejawatnya.

DATA PRIBADI
Nama : dr. Pramudjo Abdulgani, SpJP(K),FIHA
Istri : Dra. Yusma Yetti
Anak
1. Prayudi Abdulgani
2. Yuni Melani
3. Yogi Prawira
4. Yoga Pradipta R
5. Yessi Paramitha
Menantu
1. Poppy Lolyta
2. Nugroho Bakti Aryadi
3. Ferina Saat
Cucu : Syifa, Thariq, Athar, Tasya, Ariq

RIWAYAT PENDIDIKAN
SDN 1 Indramayu, Jabar
SMPN 1 Indramayu
SMAN 1 Cirebon
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) lulus tahun 1977
Program Pendidikaan Dokter Spesialis (PPDS) program study Kardiologi FK UI / RS Jantung Harapan Kita lulus tahun 1990
Fellow Interventional Cardiology FKUI/ RS Jantung Harapan Kita

RIWAYAT PEKERJAAN
Puskesmas Kresek, Tangerang
Kepala Puskesmas Ciputat, Tangerang
Kepala Seksi P3M Dinas Kesehatan Tangerang
RSUD Pekanbaru
RS PMC Pekanbaru (masih aktif)
RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru (masih aktif)
Praktek di Apotek Asean 2 Pekanbaru (masih aktif)

dr. Pramudjo Abdulgani, Sp JP(K), FIHA, adalah anggota Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa dari Pengda GMKM Riau-Sumbar.

 

(dr. Endang S/Hrn)

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

Turunkan Berat Badan Sedikit, Manfaatnya Banyak.

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Menurunkan berat...

TERPOPULER