Terkait OTT KPK, PKB dan PKS Pasrah Terhadap Pencalonan Nyono

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dua Partai politik (parpol) pengusung pasangan cabup/cawabup Nyono Suharli Wihandoko-Subaidi Muchtar pada Pilkada Serentak 2018, yakni PKB dan PKS, tak berdaya. Bagaimana tidak, Nyono  jagoan yang mereka usung menjadi tersangka operasi tangkap tangan (OTT) KPK beberapa waktu lalu.

Terkait masalah itu, Nyono tak bisa mengundurkan diri sebagai calon bupati (cabup) Kabupaten Jombang. Itu artinya, pencalonan Nyono terus berjalan. Aturan ini sesuai Pasal 78 dan 79 PKPU No 3 tahun 2017, tak mengatur pergantian calon bupati akibat menyandang status tersangka.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar mengaku hanya bisa pasrah. Sebab, jagoan yang diusung bersama kader PKB tak bisa diganti, meski telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

“Mau gimana lagi, mundur gak bisa, maju juga keadaannya seperti itu. Yaa kita jalan terus aja (tetap mengusung Nyono),” kata Gus Halim, demikian disapa, saat dikonfirmasi, Kamis (8/2).

Menurut Gus Halim, tidak ada solusi dan alternatif terkait Pilbup Jombang. Sejumlah parpol pengusung pun tak bisa menarik dukungan, mengingat sudah menurunkan rekomendasi untuk Pilbup Jombang.

Baca juga: Flash: Kembali OTT KPK di Jatim, Kali Ini Bupati Jombang Yang Diamankan

Dijelaskan Gus Halim, pada tahap pendaftaran Pilbup Jombang Januari lalu, Nyono mendaftar bersama pasangannya yang merupakan kader PKB Subaidi Muchtar. Pasangan Nyono-Subaidi diusung PKB, Golkar, PKS, Partai NasDem, dan PAN. “Jadi kita jalan terus, karena tidak ada alternatif lagi,” katanya.

Senada juga disampaikan Ketua DPW PKS Jatim, Arief Hari Setiawan, bahwa partainya akan terus jalan untuk jagoan yang diusungnya. Ia mengaku kaget dan prihatin atas kasus yang menimpa Bupati Jombang sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Jatim itu (Nyono, red).

“Mundur tak bisa, maju juga keadaannya seperti ini. Jadi mau gimana lagi, yaa jalan saja,” katanya singkat.

KPK telah menetapkan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko sebagai tersangka kasus suap jual beli jabatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang. Nyono diduga menerima suap sebesar Rp434 juta atas kasus tersebut. (Amal/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER

Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna Sakral

Pernikahan adat biasanya sarat akan makna dan doa. Harapan diamini di setiap prosesi yang dilaksanakan.

KUNTUM KHAIRA UMMATIN