Sabrang Noe Letto: Banyak Orang Ingin Sembuhkan Indonesia

163

SURABAYA – Kondisi bangsa Indonesia yang carut marut. Saling kepercayaan yang terus menipis antar kelompok, menurut Sabrang Noe “Letto”, seorang cendekiawan muda asal Yogyakarta, menjadikan banyak orang banyak pihak ingin menyembuhkan.

“Indonesia sebenarnya sudah sangat rusak sehingga semua orang ingin menyembuhkan Indonesia, akan tetapi jangan sampai niat baik untuk menyembuhkan itu membuat Indonesia menjadi terpecah pecah,” tegas Sabrang Noe “Letto”  dalam acara Bangbangwetan Minggu (12/2) malam di Pendopo Cak Durasim, Surabaya dengan judul tema “Konjungsi Rantas” .

Persoalannya, hampir 99,9 persen orang sibuk menambal kapal, namun tidak ada seorangpun yang berpikir untuk membuat kapal baru. Gagasan baru dan pembenahan total atas kerusakan itu.

Dengan bahasanya yang khas Sabrang yang dulu dikenal sebagai penyanyi band Letto, dan kini aktif berceramah dan dialog di kampus-kampus dan cendekiawan muda muslim ini,  juga mulai membuka dialog dengan jamaah Bangbangwetan dengan menegaskan bahwa efek adanya teknologi, adalah terpotongnya proses, semua serba cepat dan akhirnya tidak dapat menyediakan waktu untuk mengendap.

“Dengan adanya rentang antara pengetahuan dan kesadaran, jika kita mempunyai teori  harus dibuktikan menjadi hipotesis, supaya bisa menjadikannya menjadi sebuah kesadaran. Jika kita tidak menyetujui hipotesis orang lain maka kita harus membuat hipotesis baru kemudian melaksanakanya dan mempertahankannya,” tambah Sabrang, lulusan kampus Kanada ini.

Bahkan Sabrang menegaskan,  kemajuan teknologi terkadang membuat waktu kita terasa semakin singkat, sehingga tidak sempat melihat akar dari setiap permasalahan.

Foto : Hari/Seruji

loading...

1 KOMENTAR

Comments are closed.