Sabrang Noe Letto: Banyak Orang Ingin Sembuhkan Indonesia

SURABAYA – Kondisi bangsa Indonesia yang carut marut. Saling kepercayaan yang terus menipis antar kelompok, menurut Sabrang Noe “Letto”, seorang cendekiawan muda asal Yogyakarta, menjadikan banyak orang banyak pihak ingin menyembuhkan.

“Indonesia sebenarnya sudah sangat rusak sehingga semua orang ingin menyembuhkan Indonesia, akan tetapi jangan sampai niat baik untuk menyembuhkan itu membuat Indonesia menjadi terpecah pecah,” tegas Sabrang Noe “Letto”  dalam acara Bangbangwetan Minggu (12/2) malam di Pendopo Cak Durasim, Surabaya dengan judul tema “Konjungsi Rantas” .

Persoalannya, hampir 99,9 persen orang sibuk menambal kapal, namun tidak ada seorangpun yang berpikir untuk membuat kapal baru. Gagasan baru dan pembenahan total atas kerusakan itu.

Dengan bahasanya yang khas Sabrang yang dulu dikenal sebagai penyanyi band Letto, dan kini aktif berceramah dan dialog di kampus-kampus dan cendekiawan muda muslim ini,  juga mulai membuka dialog dengan jamaah Bangbangwetan dengan menegaskan bahwa efek adanya teknologi, adalah terpotongnya proses, semua serba cepat dan akhirnya tidak dapat menyediakan waktu untuk mengendap.

“Dengan adanya rentang antara pengetahuan dan kesadaran, jika kita mempunyai teori  harus dibuktikan menjadi hipotesis, supaya bisa menjadikannya menjadi sebuah kesadaran. Jika kita tidak menyetujui hipotesis orang lain maka kita harus membuat hipotesis baru kemudian melaksanakanya dan mempertahankannya,” tambah Sabrang, lulusan kampus Kanada ini.

Bahkan Sabrang menegaskan,  kemajuan teknologi terkadang membuat waktu kita terasa semakin singkat, sehingga tidak sempat melihat akar dari setiap permasalahan.

Foto : Hari/Seruji

1 KOMENTAR

Comments are closed.

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.