KPPAD: Waspadai Anak Laki-Laki Jadi Korban Kekerasan Seksual

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID –┬áKomisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Kepulauan Riau (KPPAD Kepri) meminta orang tua selalu waspada, agar anak-anaknya terhindar dari tindak kekerasan seksual.

Ketua KPPAD Kepri Faisal, di Tanjungpinang, Kepri, Ahad (28/1), mengatakan kasus kekerasan seksual terhadap anak laki-laki yang terjadi di Kabupaten Karimun menunjukkan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

“Januari 2018 kita dikejutkan dengan pengungkapan kasus pedofil di Karimun. Dua pelaku melakukan kekerasan seksual terhadap 27 anak laki-laki,” katanya.

Ia mengatakan kasus serupa bisa saja terjadi di daerah lain di Kepri, hanya saja belum terungkap karena dirahasiakan korban dan keluarganya yang malu.

“Bukan tidak mungkin ini seperti fenomena gunung es, yang terungkap bagian atas, tetapi yang lainnya tidak terungkap karena berbagai alasan,” ujarnya.

Faisal mengatakan pedofil merupakan masalah serius yang harus ditangani maksimal dari seluruh pihak. Aparat berwenang, pihak sekolah, pemerintah, anak-anak dan orang tua harus membangun sinergi yang baik demi melindungi generasi muda.

Menurut dia, kekerasan terhadap anak akan berkembang jika tidak ditangani secara serius.

Berdasarkan penyelidikan, sebagian pelaku merupakan korban kekerasan seksual ketika masih kecil, yang tumbuh menjadi pelaku saat dewasa.

Saat ini, kata dia para korban pedofil di Karimun harus mendapat penanganan psikologis yang serius untuk menghilangkan trauma.

“Bisa jadi karena dendam, selain mencari kepuasan dengan cara yang jahat dan tidak manusiawi,” ucapnya.

Faisal mengatakan pihaknya belum memiliki data kelainan seksual anak-anak di seluruh Kepri.

Namun, berdasarkan hasil survei di Karimun, tercatat 319 orang memiliki kelainkan seksual yakni homo seksual. Rata-rata mereka orang dewasa.

“Ada waria yang menjadi pekerja seks. Sebagian dari mereka berasal berbagai daerah di Kepri,” ujarnya.

Pemerintah Karimun sudah mengingatkan waria untuk tidak merekrut anak-anak. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.