MENU

Mahfud MD: Keinginan Mengubah Ideologi, Salah Satu dari 3 Cabang Radikalisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Mahfud MD mengingatkan berbagai ancaman terorisme dan perlunya kewaspadaan terhadap radikalisme.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam konferensi pers Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme atau International Day of Remembrance of and Tribute to the Victims of Terrorism bertajuk Surviving Terrorism: The Power of Memories, di Jakarta, Ahad (21/8).

“Kita semua harus waspada, melalui peringatan hari ini pemerintah mengajak kita semua untuk selalu waspada dan kewaspadaan itu harus dinilai dari cara menangani radikalisme karena radikalisme itu lah yang menjadi dasar terorisme,” kata Mahfud.

Mahfud menjabarkan bahwa radikalisme terbagi menjadi tiga cabang. Salah satunya adalah bentuk sikap-sikap anti perbedaan. Kemudian yang kedua adalah bentuk wacana dalam mempengaruhi mindset agar ideologi dan konstitusi negara diubah.

“Ketiga radikalisme yang ekstrim, yang kita peringati hari ini korban-korban terorisme. Jadi terorisme bagian terkeras dari radikalisme dan pemerintah sudah menyiapkan semua perangkat instrumen hukum dan institusi untuk menangani ketiga cabang tersebut,” jelas Mahfud.

Mahfud juga menyampaikan bahwa Hari Peringatan Korban Terorisme merupakan momentum penting dalam mengenang dan menjunjung tinggi martabat korban terorisme serta menunjukan solidaritas global.

“Negara mengamanatkan BNPT dan LPSK untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada para korban terorisme sebagai wujud kehadiran dan kepedulian negara,” jelas Mahfud d

Hari Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme 2022 diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan The United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

spot_img

TERPOPULER