Pemberian Gelar Pahlawan Asal NTB dan Manuver Politik Jokowi

0
979
  • 96
    Shares
TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid
TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid atau Maulanasyekh.

Oleh: Arif Kusuma Fadholy

SERUJI.CO.ID – Tahun 2017 ini ada empat orang yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya yakni Almarhum Maulana Syeikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid asal Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemberian gelar tersebut sangat istimewa bagi masyarakat NTB, karena sebelumnya belum ada pahlawan nasional yang tercatat dari daerah tersebut.

Masyarakat dan para pejabat asal NTB sudah lama berjuang agar ada pahlawan nasional dari NTB. Akhirnya, pada pemerintah Jokowi cita-cita masyarakat NTB itu bisa terwujud.

Maulana Syeikh merupakan kakek dari Gubernur NTB saat ini, yakni TGB KH Muhammad Zainul Majdi. TGB sudah dua kali terpilih menjadi gubernur yang saat ini tercatat sebagai kader Partai Demokrat.

Uniknya, gelar pahlawan nasional kepada Maulana Syeikh ini tidak diberikan saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai presiden selama 10 tahun, namun malah saat Jokowi yang menjadi presiden.

Padahal, perolehan suara Jokowi-JK di NTB pada Pilpers 2014 lalu kalah telak dengan perolehan suara Prabowo-Hatta. Jokowi-JK hanya dapat 27,54 persen atau 701.238 suara sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 72,45 persen atau 1.844.178.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU