Pemberian Gelar Pahlawan Asal NTB dan Manuver Politik Jokowi


Oleh: Arif Kusuma Fadholy

SERUJI.CO.ID – Tahun 2017 ini ada empat orang yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya yakni Almarhum Maulana Syeikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid asal Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemberian gelar tersebut sangat istimewa bagi masyarakat NTB, karena sebelumnya belum ada pahlawan nasional yang tercatat dari daerah tersebut.

Masyarakat dan para pejabat asal NTB sudah lama berjuang agar ada pahlawan nasional dari NTB. Akhirnya, pada pemerintah Jokowi cita-cita masyarakat NTB itu bisa terwujud.

Maulana Syeikh merupakan kakek dari Gubernur NTB saat ini, yakni TGB KH Muhammad Zainul Majdi. TGB sudah dua kali terpilih menjadi gubernur yang saat ini tercatat sebagai kader Partai Demokrat.

Uniknya, gelar pahlawan nasional kepada Maulana Syeikh ini tidak diberikan saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai presiden selama 10 tahun, namun malah saat Jokowi yang menjadi presiden.

Padahal, perolehan suara Jokowi-JK di NTB pada Pilpers 2014 lalu kalah telak dengan perolehan suara Prabowo-Hatta. Jokowi-JK hanya dapat 27,54 persen atau 701.238 suara sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 72,45 persen atau 1.844.178.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close