Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dampak mahalnya harga tiket pesawat saat ini ternyata tidak hanya dirasakan Bandara Sultan Hasanudin, Makassar, tetapi juga meluas hingga ke Jakarta.

Buktinya, SERUJI merasakan lengangnya alur keluar dan masuk pintu terminal 1 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Banten, Selasa siang (19/2). Lengangnya suasana pintu masuk dan keluar bandara itu akibat sepi penumpang.

Sebelumnya, SERUJI juga merasakan suasana sepi dan lengang pada jam 11.00 Wita ketika memasuki Bandara Sultan Hasanudin Makasar, dan saat menuju pesawat yang akan ditumpangi menuju Jakarta pada pukul 12.00 Wita.

Pedagang Makanan di Soetta Mulai Was-Was Kelangsungan Usahanya

Beberapa toko penjual souvenir di Bandara Sultan Hasanudin, sepi pembeli, akibat anjloknya kunjungan wisatawan nusantara dari dan ke Makassar. (foto AH/SERUJI)

Suasana sepi di bandara Soetta Banten tidak hanya terlihat di sekitar terminal 1 A, 1B dan 1C, tetapi juga di terminal 2 dan 3. Keadaan itu diakui sejumlah pedagang makanan dan minuman di bandara Soetta sangat memukul.

“Kita gelisah jadinya, mas. Sewa tempat mahal. Harga-harga bahan pangan terus naik, tapi keseharian warung kami sepi. Bisa bangkrut ini kalau sebulan lagi terus begini,” ujar Bu Mariam, kasir resto Liberti di terminal 1B.

Beberapa sopir Damri dan taxi juga mengeluhkan anjloknya pendapatan sejak September 2018 karena harga tiket melambung yang akibatkan jumlah penumpang turun drastis.

Sejak Harga Tiket Membumbung, Jumlah Penumpang Turun di Soetta

Tiket Garuda Group turun
Ruang tunggu bandara Sultan Hasanudin, Makassar yang hingga Jumat siang masih sepi penumpang. (Foto:AH/SERUJI)

Kepala Otoritas Bandara Soetta, Herson saat dihubungi SERUJI mengakui bandara yang dipimpinnya mengalami sepi penumpang sejak beberapa bulan terakhir. Diakui bulan Februari ini makin parah sepinya, sehingga berdampak langsung pada pendapatan karena jumlah penumpang merosot hampir 50 persen.

Pada Februari tahun lalu, jumlah penumpang pesawat yang terlayani di Bandara Soetta mencapai 5.748.873 orang. Tapi pada periode yang sama tahun ini baru 3.925.731 penumpang.

“Artinya jumlah penumpang menurun tajam sampai hampir 50 persen,” ujar Herson.

Menurut pejabat yang baru sebulan tugas di bandara Soetta itu, penyebab terparah anjloknya penumpang karena harga tiket yang mahal, diperparah lagi dengan bagasi berbayar. Akibatnya Bandara Soetta yang biasanya ramai kini sepi.

Pihak Airlines sendiri merasa harga tiket yang dilepas ke konsumen tidaklah terlalu mahal, karena setiap tiket yang dijual memakai tarif batas atas.

“Kalau dalam tiga bulan terakhir ini bandara selalu sepi, penyebabnya karena sekarang memang sedang low season atau musim sepi penumpang. Ini normal sifatnya,” jelas seotang petugas di loket Lion Air Bandara Soetta, Cengkareng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Ghazwul Fikri dan Media