Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Oleh: dr. Endang S

SERUJI.CO.ID – Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim. Berwudhu merupakan syarat wajib sebelum muslim melakukan sholat yang minimal dikerjakan 5 kali dalam sehari. Berwudhu merupakan rangkaian kegiatan dari cuci tangan sampai membersihkan kedua kaki.

Tahukah anda bahwa berwudhu dapat juga mengurangi resiko tertular virus Corona?

Virus Corona 2019-nCov (Covid-19), bisa menular melalui kontak dengan ingus, dahak maupun feses dari penderitanya. Misalnya penderita membersihkan ingusnya dengan tangan lalu penderita tersebut memegang gagang pintu kemudian gagang pintu tersebut dipegang orang lain, maka orang lain tersebut beresiko tertular.

Mekanisme penularannya dengan cara tangan yang sudah terkontaminasi virus corona memegang mulut, hidung, atau mata sehingga lokasi tersebut ikut terkontaminasi, kemudian virus berkembang biak dan menginfeksi tubuh.

Cara tertular yang lain bisa melalui droplet (percikan dahak saat batuk), misalnya penderita Covid-19 sedang batuk namun tidak menggunakan masker sehingan percikan batuknya bisa melayang-layang di udara. Percikan dahak tersebut bila dihirup oleh orang lain yang tidak menggunakan masker bisa berpotensi tertular.

Berwudhu bisa mengurangi tertular virus Corona, karena didalam wudhu ada aktifitas cuci tangan. Seperti keterangan di atas bahwa tanpa kita sadari bisa jadi tangan kita memegang sesuatu yang sudah terkontaminasi dengan virus Corona, cara menghilangkannya adalah dengan mencuci tangan, lebih bagus lagi mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik.

Cuci tangan dalam permulaan wudhu idealnya dilakukan tidak dengan terburu-buru, kita harus memastikan bahwa sudah tidak ada kotoran yang terlihat pada telapak tangan, punggung tangan, jari-jari maupun sela-sela jari tangan amaupun kuku. Jika hal ini dilakukan meskipun tidak menggunakan sabun 50% kuman di tangan bisa hilang.

Selain cuci tangan, dalam berwudhu juga ada aktifitas membersihkan mulut (berkumur-kumur), membersihkan hidung, juga ada aktifitas membersihkan mata (membasuh muka secara keseluruhan). Bahkan dalam setiap wudhu aktifitas tersebut dilakukan sampai 3 kali. Tiga tempat itu (mulut, hidung, mata) merupakan pintu masuk virus Corona di tubuh kita.

Bagi muslim yang taat, dalam sehari semalam minimal melakukan wudhu 5 kali, apalagi jika muslim menjalankan sunah untuk selalu menjaga wudhu (berwudhu kembali apabila batal) maka akan semakin sering muslim melakukan aktifitas membersihkan lokasi beresiko yang menyebabkan tertularnya virus corona ditubuh kita. Dengan kata lain berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona.

Semakin sering berwudhu akan semakin tinggi tingkat kebersihan anggota tubuh dari kotoran maupun kuman penyakit, bukan hanya virus corona, tapi semua virus.

Penulis:
dr Endang S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.