Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Oleh: dr. Endang S


SERUJI.CO.ID – Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim. Berwudhu merupakan syarat wajib sebelum muslim melakukan sholat yang minimal dikerjakan 5 kali dalam sehari. Berwudhu merupakan rangkaian kegiatan dari cuci tangan sampai membersihkan kedua kaki.

Tahukah anda bahwa berwudhu dapat juga mengurangi resiko tertular virus Corona?

Virus Corona 2019-nCov (Covid-19), bisa menular melalui kontak dengan ingus, dahak maupun feses dari penderitanya. Misalnya penderita membersihkan ingusnya dengan tangan lalu penderita tersebut memegang gagang pintu kemudian gagang pintu tersebut dipegang orang lain, maka orang lain tersebut beresiko tertular.

Mekanisme penularannya dengan cara tangan yang sudah terkontaminasi virus corona memegang mulut, hidung, atau mata sehingga lokasi tersebut ikut terkontaminasi, kemudian virus berkembang biak dan menginfeksi tubuh.

Cara tertular yang lain bisa melalui droplet (percikan dahak saat batuk), misalnya penderita Covid-19 sedang batuk namun tidak menggunakan masker sehingan percikan batuknya bisa melayang-layang di udara. Percikan dahak tersebut bila dihirup oleh orang lain yang tidak menggunakan masker bisa berpotensi tertular.

Berwudhu bisa mengurangi tertular virus Corona, karena didalam wudhu ada aktifitas cuci tangan. Seperti keterangan di atas bahwa tanpa kita sadari bisa jadi tangan kita memegang sesuatu yang sudah terkontaminasi dengan virus Corona, cara menghilangkannya adalah dengan mencuci tangan, lebih bagus lagi mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik.

Cuci tangan dalam permulaan wudhu idealnya dilakukan tidak dengan terburu-buru, kita harus memastikan bahwa sudah tidak ada kotoran yang terlihat pada telapak tangan, punggung tangan, jari-jari maupun sela-sela jari tangan amaupun kuku. Jika hal ini dilakukan meskipun tidak menggunakan sabun 50% kuman di tangan bisa hilang.

Selain cuci tangan, dalam berwudhu juga ada aktifitas membersihkan mulut (berkumur-kumur), membersihkan hidung, juga ada aktifitas membersihkan mata (membasuh muka secara keseluruhan). Bahkan dalam setiap wudhu aktifitas tersebut dilakukan sampai 3 kali. Tiga tempat itu (mulut, hidung, mata) merupakan pintu masuk virus Corona di tubuh kita.

Bagi muslim yang taat, dalam sehari semalam minimal melakukan wudhu 5 kali, apalagi jika muslim menjalankan sunah untuk selalu menjaga wudhu (berwudhu kembali apabila batal) maka akan semakin sering muslim melakukan aktifitas membersihkan lokasi beresiko yang menyebabkan tertularnya virus corona ditubuh kita. Dengan kata lain berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona.

Semakin sering berwudhu akan semakin tinggi tingkat kebersihan anggota tubuh dari kotoran maupun kuman penyakit, bukan hanya virus corona, tapi semua virus.

Penulis:
dr Endang S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close