Timnas Indonesia Menang Telak 9-0 Atas Filipina


JAKARTA – Tim nasional U-19 Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor telak 9-0 pada pertandingan keduanya di Grup B Piala AFF U-18 2017 di Yangon, Myanmar, Kamis (7/9).

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), kesembilan gol Indonesia dibuat Feby Eka Putra (menit ke-5, 67′, 87′), Egy Maulana Vikri (menit ke-21 dan 37′, penalti), Muhammad Iqbal (25′ dan 39′), Muhammad Rafli Mursalim (90′, penalti) dan Resky Fandy Witriawan (90’+2′).

Dalam laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, timnas U-19 Indonesia asuhan pelatih Indra Sjafri tampil menekan sejak menit pertama.

Indra sendiri menurunkan sejak awal pemain-pemain yang pada laga perdana kontra Myanmar menjadi cadangan yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Samuel Christianson Simanjuntak dan Syahrian Abimanyu.

Hasilnya, Feby Eka Putra bisa mencetak gol cepat untuk timnas U-19 melalui tendangan jarak jauh pada menit kedelapan.

Gol itu semakin membakar semangat timnas U-19 dan terus menggempur Filipina. Pada menit ke-21, gol kedua pun datang melalui Egy Maulana yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Filipina.

Empat menit setelah itu, Muhammad Iqbal sukses menambah skor setelah sukses mengubah umpan silang Feby Eka Putra dari sisi kiri serangan menjadi gol ketiga Indonesia.

Timnas U-19 sempat mendapatkan peluang menjauhkan jarak karena mendapatkan tendangan penalti di menit ke-30. Namun, sepakan Asnawi Mangkualam berhasil diantisipasi dengan baik oleh kiper Filipina.

Kesempatan kedua lewat tendangan penalti didapatkan tim Garuda Nusantara pada menit ke-37. Kali ini, Egy Maulana menjadi algojo dan berhasil melesakkan gol keduanya di laga sekaligus gol keempat sepanjang kompetisi.

Indonesia menutup babak pertama dengan skor 5-0 setelah Muhammad Iqbal melesakkan bola dengan mulus ke gawang Filipina via tendangan bebas pada menit ke-39.

Alih-alih menurunkan serangan setelah unggul lima gol, Indonesia justru terus menjaga konsistensi tekanan. Dampaknya, gol kembali tercipta di menit ke-67 melalui tendangan menyilang Febry Eka dari dalam kotak penalti. Febry kemudian membuat “hattrick” setelah menorehkan gol lagi di menit ke-87.

Unggul 7-0, Garuda Nusantara menambah dua gol lagi akhir laga melalui tendangan penalti Muhammad Rafly pada menit ke-90 dan pemain yang baru masuk di babak kedua menggantikan Asnawi Mangkualam, Resky Fandy Witriawan di menit ke-90+2.

Kemenangan 9-0 ini membuat Indonesia untuk sementara memimpin Grup B Piala AFF U-18 2017 dengan enam poin dari dua laga. Sebelumnya, timnas U-19 mampu menaklukkan tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1.

Pada laga berikutnya, tim nasional U-19 Indonesia akan bertanding melawan Vietnam yang di laga perdananya, Kamis (7/9), menaklukkan Brunei Darussalam dengan skor 8-1. (Ant/SU02)

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close