3 Putra Mahkota Menunggu Nasib, Dibalik Isu Dahlan Jual Sahamnya di Jawa Pos

Sejak lulus dari sekolahnya di Singapura, Azrul tak punya bakat lainnya, kecuali ikut berkecimpung mengelola perusahaan milik ayahnya. Begitu juga Mahesa, putra Eric Samola, sejak lulus sekolah, langsung magang di JTV Surabaya (TV lokalnya Jawa Pos di Surabaya). Mahesa, sama seperti Asrul, tak punya bakat lain kecuali berkecimpung di perusahaan warisan orang tuanya.

Hadirnya nama Hidayat Jati, tiga hari belakangan ini, cukup mengejutkan masyarakat. Karena selama ini, imej Jawa Pos “milik” Dahlan Iskan doang.

Ini sejarahnya. Tahun 1982, Eric Samola, Direktur Utama PT PT Grafiti Press (penerbit majalah Tempo) membeli koran Jawa Pos dari pemilik lama, Chung Shen yang mendirikannya sejak 1949 silam. Tiga serangkai pimpinanTempo waktu itu, Eric Samola, Fikri Jufri dan Gunawan Muhamad yang semuanya tinggal di Jakarta, sepakat mengangkat Kepala Biro Tempo di Surabaya, Dahlan Iskan, untuk mengendalikan koran pagi yang baru dibelinya ini.

Era itu koran sore Surabaya Post lagi menguasai pasar. Tak lama kemudian, di bawah kendali tangan dingin Dahlan Iskan, Jawa Pos tak cuma menguasai Jatim, tapi juga merambah Indonesia dengan hadirnya gurita koran-koran lokal yang dibentuknya. Sejak itu, “tenggelam”lah nama Eric Samola, Fikri Jufri dan Gunawan Muhammad. Masyarakat, ya itu tadi, tahunya ya Dahlan Iskan lah pemilik Jawa Pos.

Hari berlalu dan jaman beralih. Saat Jawa Pos terus beringsut turun pamornya, lima tahun belakangan, mencuat lah nama Hidayat Jati, putra mahkota baru, yang bakal berkecimpung di Jawa Pos.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER