Al Azhar-Vatikan Dialog soal Ekstremisme dan Kekerasan

24

KAIRO – Perwakilan lembaga terkemuka muslim Al Azhar menggelar dialog dengan Vatikan. Dialog ini diadakan di Kairo, Rabu (22/2) waktu setempat. Dialog menandai meningkatnya hubungan pasca normalisasi kedua lembaga ini pada 2016.

Pertemuan difokuskan pada peran Al Azhar dan Vatikan dalam memberantas fanatisme, ekstremisme, dan kekerasan. Demikian menurut pernyataan lembaga yang bermarkas di Kairo tersebut.

“Dialog harus mampu mengatasi perbedaan antarumat manusia, dan agama mampu mengatasi perselisihan melalui toleransi,” ujar Mahmoud Zaqzouq, salah satu perwakilan Al Azhar, dalam pidatonya saat membuka dialog tersebut.

Delegasi Vatikan dipimpin oleh Jean-Louis Tauran, seorang kardinal asal Prancis yang mengepalai Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, yang didukung penuh Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus.

Paus bertemu dengan imam besar Al Azhar Ahmed al Tayeb di Vatikan pada Mei tahun lalu. Pertemuan ini terjadi  di tengah hubungan yang kembali erat setelah sempat retak ketika mantan Paus Benediktus XVI mengaitkan Islam dengan terorisme dalam pidatonya pada 2006.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama