3. Keterampilan baca harus baik

Kelemahan sebuah tulisan adalah bergantung pembacanya. Kalau tidak mempunyai keterampilan membaca yang baik, akan terjadi salah persepsi yang cukup membikin repot. Apalagi dikejar diskusi yang berkepanjangan, dan bahkan kadang langsung meloncat membaca bahasan yang seharusnya memerlukan kronologi dalam memahaminya.

Kalau dari beberapa referensi, orang Indonesia rata-rata minat bacanya rendah bila dibandingkan negara-negara maju, dan hal ini juga menunjukkan tingkat sadar literasinya juga rendah. Padahal, keterampilan membaca itu harus dilatih, sehingga bagaimana akan meningkat bila berminat saja tidak.

Intinya, sejelas dan sebagus apapun tulisannya, tetap akan menimbulkan kesalahpahaman atau perbedaan persepsi karena keliru memahami bacaan. Dan sepertinya ini masalah yang susah dan lama cara mengatasinya. Maka, sebaiknya memang perlu disikapi saja dengan bijak, sadari jika pendapat yang disampaikan secara tertulis belum tentu dipahami dengan baik. Rasa pengertian dan kesabaran jadi menu wajib, apalagi membahas hal-hal yang sensitif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama