Komunikasi semakin mudah dengan teknologi. Namun, selalu ada kelebihan dan kekurangan dengannya. Seperti obrolan melalui grup-grup chat atau media sosial yang semakin mudah dan murah menjangkau setiap kalangan.

Bahasan berikut mengikuti pendapat bijak dari seorang alim masa lalu : perhatikan keburukan sesuatu agar tidak terjerumus di dalamnya. Manfaat komunikasi via grup chat memang banyak, tapi tidak ada salahnya mengetahui kelemahan-kelemahannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kelemahan-kelemahan itu ternyata benar-benar ada yang bisa merenggangkan antar teman, atau bahkan saudara.

Berikut ini beberapa kelemahan komunikasi melalui grup chat.

1. Tanpa mimik

Kelemahan utama komunikasi tulis adalah tidak bisa mengetahui gerak-gerik, gestur dan mimik lawan bicara. Karena inilah, banyak yang salah berprasangka. Lawan bicara merasa biasa-biasa saja, tapi dianggap seperti marah-marah atau lainnya.

Mungkin, karena itulah diciptakan emoticon yang diusahakan mewakili emosi si pemberi pesan. Walau begitu, tidak semua bisa sepakat untuk sama rasa terhadap sebuah emoticon, bahkan ada yang melihatnya berlebihan. Tapi yang jelas, tetap tidak bisa menggantikan komunikasi dengan pertemuan langsung.

Seringkali, pertemuan langsung dan bertemu empat mata sudah bisa saling memberi pesan bahkan tanpa bicara sedikitpun. Pesannya juga lebih dalam, karena beradu emosi secara langsung. Untuk orang-orang tertentu bahkan bisa menularkan aura atau kharisma sehingga dengan mudah melancarkan komunikasi selanjutnya.

Maka, “bertemu darat” bisa menjadi obat kelemahan ini.

1
2
3
4
5
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama