Perkenalkan, Ini Boeing 787-10 Dreamliner Terbaru

113
Boeing 787-10 dipamerkan di depan pabriknya di Charleston.

CHARLESTON – “Tidak ada pesta sehebat pesta peluncuran pesawat baru,” begitu komentar C-net tentang Boeing yang memperkenalkan pesawat komersial terbaru 787-10 pada Jumat (17/2) waktu setempat.

Acara peluncuran berjuluk The Rollout ini dilaksanakan di pabrik Boeing di Charleston, negara bagian South Carolina, yang didirikan lebih dari tiga tahun lalu. Pabrik ini kembangan dari pabrik utama Boeing di Seattle, negara bagian Washington.

Acara peluncuran dihadiri Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Gubernur South Carolina Henry McMaster. Ribuan karyawan pabrik dan sejumlah undangan lain menyambut lahirnya pesawat baru.

Pesawat jenis 787-10 ini versi ketiga dari Boeing 787 Dreamliner yang telah melayani penumpang terbang sejak 2011. Seperti kakak-kakaknya, jenis 787-10 ini terbuat dari material komposit. Namun, ciri lainnya ia lebih efisien bahan bakar, hidung lebih tumpul, dan sayapnya menyapu lebih tajam. Pesawat baru ini juga lebih panjang 5,5 meter daripada jenis 787-9, dapat membawa 40 penumpang lebih banyak dalam konfigurasi khas, dan mengangkut kargo 15 persen lebih banyak.

Dalam pernyataan resmi, Boeing mengungkapkan, “Pesawat 787-10 akan menjalani penerbangan pertama dalam beberapa minggu mendatang, dengan pengiriman dimulai tahun depan. Ada sembilan maskapai penerbangan, termasuk United Airlines, British Airways dan pelanggan tetap Singapore Airlines, telah memesan 149 pesawat.”

Pesawat ini bahannya dari berbagai pemasok di seluruh dunia. Namun, perakitan akhir 787-10 akan berlangsung eksklusif di Charleston. Ini akan menjadi pesawat komersial pertama yang akan diproduksi di luar home base bersejarah Boeing di Seattle.

EDITOR; Omar Ballaz

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama