Hamas Katakan Capai Kesepakatan Damai dengan Fatah

0
19
hamas
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Kairo, SERUJI.CO.ID – Unsur bersaing Palestina, Hamas dan Fatah, mencapai kesepakatan terkait rujuk politik, kata pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam pernyataan pada Kamis (12/10), tanpa merinci kesepakatan dengan ditengahi Mesir itu.

Pejabat Hamas mengatakan bahwa keterangan lebih lanjut akan diberikan pada saat jumpa pers di Kairo, tempat perundingan di antara unsur bersaing tersebut dimulai pada Selasa (10/10).

Fatah, yang didukung Barat, kehilangan kendali atas Gaza, yang kemudian dikendalikan Hamas, yang dianggap teroris oleh Barat dan Israel, dalam pertempuran 2007. Pada bulan lalu, Hamas setuju menyerahkan kekuasaannya di Gaza kepada pemerintahan Presiden Mahmoud Abbas, yang didukung Fatah.

“Fatah dan Hamas mencapai kesepakatan pada pagi hari ini dalam perundingan, yang ditengahi Mesir,” kata Haniyeh dalam pernyataan.

Mesir membantu menengahi beberapa upaya untuk mendamaikan dua gerakan tersebut dan membentuk pemerintahan persatuan dengan pembagian kekuasaan di Gaza dan Tepi Barat.

Hamas dan Fatah sepakat pada 2014 untuk membentuk sebuah pemerintah rekonsiliasi nasional, namun demikian, pemerintahan bayangan Hamas terus menguasai Jalur Gaza.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh warga Palestina atas tercapainya kesepakatan rekonsiliasi di Kairo. Kami melakukan segala upaya untuk memulai babak baru dalam sejarah,” kata juru bicara Hamas Hazem Qassem.

Hamas setuju untuk menyerahkan kekuasaan administratifnya di Gaza kepada pemerintah yang didukung Fatah pada bulan lalu. Sebuah langkah besar yang dilakukan oleh Hamas, salah satu penyebabnya didorong oleh ketakutan kelompok tersebut atas adanya potensi pengucilan keuangan dan politik setelah pendonor utamanya, Qatar, mengalami krisis diplomatik besar dengan sekutu kunci mereka.

Utusan dari kedua unsur bersaing tersebut telah melakukan pembicaraan di Kairo pada minggu ini, untuk membahas rincian lebih lanjut terkait serah terima administrasi, termasuk keamanan di Gaza dan di perbatasan.

Berdasarkan atas kesepakatan tersebut, 3.000 petugas keamanan Fatah akan bergabung dengan pasukan kepolisian Gaza. Namun Hamas tetap memiliki unsur bersenjata terkuat di Palestina, dengan 25.000 anggota yang telah bertempur dalam tiga perang melawan Israel sejak 2008.

Kedua unsur tersebut mengharapkan kesepakatan pengerahan pasukan keamanan dari pemerintah Palestina dukungan Fatah ke perbatasan Gaza akan mendorong Mesir dan Israel mencabut pembatasan ketat di penyeberangan perbatasan. Pencabutan tersebut sangat dibutuhkan guna membantu Gaza menghidupkan kembali perekonomiannya. (Reuters/Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Pembebasan Lahan untuk Runway Ketiga Bandara Soetta Lancar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan proses pembebasan tanah untuk pembangunan runway ketiga di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan dengan lancar. "Proses...
Transaksi tol nontunai

Ketua DPR Dorong Warga Gunakan Transaksi Nontunai di Jalan Tol

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Setya Novanto mendorong warga menggunakan transaksi nontunai atau menggunakan kartu e-toll di jalan tol sebagai langkah yang dinilai...

Everton Pecat Manajer Ronald Koeman

LONDON, SERUJI.CO.ID - Everton memecat manajer Ronald Koeman setelah mereka turun ke zona degradasi menyusul kekalahan 2-5 oleh Arsenal, kata klub Liga Inggris itu,...

Peserta Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim Padati Stand Cek Kesehatan Gratis BMI

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dalam rangka menyemarakkan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) ikut mensukseskan dengan menggelar acara cek kesehatan gratis...

Hari Santri Nasional, Anies: Bersyukur Orang Tua Kita Memilih Berjuang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Santri of the Year sukses diselenggarakan di Gedung Galeri Nasional, Jl. Medan Merdeka Timur NO. 14 Jakarta Pusat, Ahad (22/10). Acara...

PDM Semarang Adakan Pelatihan Mubalihgh-Mubalighat ke -4

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang melalui Majelis Tablighnya mengadakan Pelatihan Mubalihgh-Mubalighat selama dua hari. Pelatihan berlangsung dari Sabtu sampai Ahad,...