close

Bank Dunia Siapkan 480 Juta Dolar AS untuk Pengungsi Rohingya

AMERIKA, SERUJI.CO.ID – Bank Dunia pada Kamis (29/6) mengatakan akan menyediakan hingga 480 juta dolar AS (Rp5 triliun lebih) sebagai dukungan berbentuk hibah kepada Bangladesh untuk memenuhi kebutuhan pengungsi Rohingya, termasuk kesehatan, pendidikan, air, kebersihan dan perlindungan umum.

Dewan Bank Dunia menyetujui hibah 50 juta AS (lebih dari 500 miliar rupiah) untuk ditambahkan pada kegiatan dukungan bidang kesehatan di Bangladesh, yang pertama dalam rangkaian, yang bisa mencapai 480 juta dolar.

Hibah bidang kesehatan termasuk iuran berdasarkan atas kemitraan Kanada dengan sayap Bank Dunia, Perhimpunan Pembangunan Antarbangsa.

Itu akan membantu pengungsi Rohingya di Bangladesh menerima layanan gizi dan kesehatan ibu, bayi baru lahir, bayi, anak-anak, dan remaja, perawatan kesehatan reproduksi dan dukungan keluarga berencana, kata Bank Dunia.


Dukungan IDA itu, dana bank itu untuk negara termiskin di dunia, akan mencakup hingga 400 juta dolar (empat triliun rupiah lebih) hibah untuk membantu Bangladesh mengatasi masalah tersebut, kata bank itu.

Sejak Agustus lalu, lebih dari 700.000 warga Rohingya berlindung dari kekerasan di Myanmar di kabupaten Cox’s Bazar di Bangladesh, menjadikannya kampung terbesar dan peningkatan tercepat pengungsi di dunia.

“Kami sangat tersentuh oleh penderitaan warga Rohingya dan siap membantu mereka hingga mereka kembali ke rumah dengan aman, sukarela, dan bermartabat,” kata pernyataan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, dengan menambahkan bahwa bank itu juga akan mendukung rakyat Bangladesh.

Menteri Pembangunan Antarbangsa Kanada Marie-Claude Bibeau dalam pernyataan mengatakan bahwa untuk setiap dolar sumbangan Kanada, lima dolar hibah tambahan akan diberi untuk mendukung layanan kesehatan, gizi dan kependudukan bagi pengungsi.

Kim dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres dijadwalkan mengunjungi Bangladesh pada 1-2 Juli untuk menilai keparahan bencana kemanusiaan itu dan membahas yang bisa dilakukan lagi. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Wagub Banten Minta FKUB Aktif Membantu Menghentikan Politisasi Agama

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)...

TKN Sebut Dalil BPN Tentang Ajakan Berbaju Putih Cara Pandang Bias Anti-Petahana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional...

Anggota DPRD Jatim Harapkan Pemerintah Pusat Beri Arahan Terkait PPDB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Anggota DPRD Jawa Timur, Agatha Retnosari berharap...

Kivlan Zen Akan Dihadapkan Dengan Habil Marati Untuk Interogasi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan tersangka dugaan kepemilikan senjata api...

MRT Diperkirakan Dapat Mengurangi Hingga 5.600 Kendaraan Pribadi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Transportasi umum terbaru di ibu kota,...

TERPOPULER