Praperadilan Mantan Bupati Hulu Sungai Tengah Ditolak PN

BARABAI, SERUJI.CO.ID– Pengadilan Negeri Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, menolak gugatan praperadilan yang diajukan mantan Bupati Hulu Sungai Tengah periode 2010-2015 Harun Nurasid.

Hakim Pengadilan Negeri Barabai Reza H Pratama di Barabai, Rabu (23/5) mengatakan, penetapan tersangka Harun oleh Kejaksaan Negeri setempat sah dan sudah sesuai prosedur.

“Sebelum penetapan tersangka kejaksaan sudah melakukan penyelidikan, penyidikan dan telah memiliki lima alat bukti,” terangnya.

Harun sendiri menjadi tersangka dugaan korupsi pembangunan ruang kelas baru SMK Kejuruan Al Hidayah Haruyan dengan kerugian uang negara sekitar Rp1,7 miliar.

Sementara itu dalam sidang putusan praperadulan ini pihak pemohon hanya dihadiri kuasa substitusi Ahmad Gazali Nor.

Pihak kuasa hukum Harun sendiri belum memberikan tanggapan atas penolakan praperadilan penetapan tersangka kliennya.

Terpisah Kepala Kejaksaan Negeri HST Wagiyo Santoso menerangkan dengan hasil putusan PN Barabai ini pihak Kejaksaan sudah sesuai prosedur dalam penetapan terhadap tersangka Harun Nurasid.

“Kami melakukan penyidikan dengan terukur dan sesuai dengan rambu-rambu yang ditentukan oleh KUHP dan proses hukum tersangka tetap dilanjutkan,” jelas Wagiyo.

Pihaknya juga sangat menghormati proses praperadilan ini karena merupakan hak tersangka dalam upaya hukum terhadap kasus yang menimpanya.

Sebelumnya 3 Mei 2018 pihak tersangka bersama kuasa hukumnya mengajukan praperadilan ke PN Barabai terkait sah atau tidaknya penetapan tersangka oleh Kejari HST dan sah atau tidaknya surat perintah penyidikan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER