Survei Voxpol: Elektabilitas Prabowo Makin Pepet Jokowi, Selisih Hanya 5,4 Persen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Lembaga survei Voxpol Center Research & Consulting kembali merilis hasil survei yang dilakukan lembaga tersebut terkait tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon Presiden-Wakil Presiden pada Pilpres 2019.

Survei yang dilakukan pada 18 Maret sampai 1 April 2019 tersebut menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin masih unggul dari paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf di 48,8 persen, sementara Prabowo-Sandi 43,4 persen. Keunggulan paslon nomor urut 01 ini hanya tipis, yakni sekitar 5,4 persen.

“Namun demikian, peta politik Pilpres 2019 masih kompetitif,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago saat menyampaikan hasil survei terbarunya, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

Menurut dia, masing-masing paslon masih berpeluang menang karena ada sembilan hari lagi guna mempengaruhi pilihan pemilih.

Persaiangan Masih Ketat Karena Masing Ada “Undecided Voters” Sebesar 7,9 Persen

Kandidat Pilpres 2019: Jokowi-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo SUbianto-Sandiaga Uno.

Ia menyebut jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan atau ‘undecided voters’ sebanyak 7,9 persen. Menurutnya, terbuka peluang undecided voters untuk direbut oleh kedua paslon.

Melihat kondisi itu, Pangi menilai elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf cenderung menurun dibanding survei yang dilakukan sebelumnya, dan tren pemilih Prabowo-Sandi saat ini sedikit meningkat.

“Pak Jokowi itu cenderung stagnan, kali ini kalau kita lihat trennya itu turun, tapi kalau kita bicara di atas kertas itu Pak Jokowi masih unggul. Kalau bicara tren memang trennya Pak Prabowo lebih baik,” ucapnya.

Adanya Efek Bradley di Pilpres 2019, Diatas Kertas Jokowi Menang, Tapi Hasil Bisa Lain

Jokowi saat kampanye di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Dumai, Selasa (26/3/2019). (foto:istimewa)

Pangi juga merujuk adanya efek Bradley yang berpeluang terjadi pada pemilu kali ini. Istilah efek Bradley lahir di Amerika dalam menyikapi studi pemilihan umum.

Efek Bradley dapat didefinisikan sebagai kondisi saat hasil survei tidak akurat karena ada bias identitas sosial dan umumnya terjadi dalam pemilu yang berlangsung sengit.

“Di atas kertas Jokowi menang, tapi pas pemilu ada undecided voters, golput, pengaruh tokoh, itu bisa ubah semuanya,” ujarnya.

Hasil Prediksi Survei Bisa Berbeda dengan Hasil Sebenarnya Nanti

Capres Prabowo saat kampanye terbuka di Stadion Sidolig, Bandung Jawa Barat, Kamis (28/3/2019). (foto:capture video GerindraTV)

Pangi mengingatkan hasil survei lembaganya bisa kembali berbeda dengan situasi saat ini. Terlebih, kampanye akbar yang masih dilakukan masing-masing paslon kian menarik untuk pilihan pemilih.

“Kalau lembaga survei bisa beda karena pengambilan survei berubah. Karena hari ini bisa beda dengan data sekarang. Apalagi sekarang ada kampanye akbar (Prabowo),” ucapnya.

Survei Voxpol kali ini dilakukan pada 18 Maret sampai 1 April 2019. Jumlah respondennya sebanyak 1.600 orang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,45 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....