Saksi Ahli: Al Quran Tak Pernah Membohongi Siapapun

JAKARTA – Saksi ahli agama dari Komisi Fatwa MUI Prof. Dr. Muhammad Amin Suma yang dihadirkan JPU pada lanjutan sidang ke-10 kasus penodaan agama dengan terdakwa Ahok, Senin (13/2) pagi, memberikan kesaksiannya pertama.

Amin Suma ditolak kesaksiannya oleh Tim Pengacara Ahok I Wayan Sudirta. Menurutnya, Amin Suma yang juga merupakan anggota Komisi Fatwa MUI tidak akan objektif. Pasalnya, dia merupakan pembuat produk sikap keagamaan MUI yang memvonis Ahok menistakan agama Islam.

Amin menjelaskan, kata “dibohongi” dan “dibodohi” Al-Maidah 51 pada pidato Ahok merupakan poin utama penyebab permasalahan dan dianggap sudah menistakan Al Quran. “Yang utama adalah dibohongi pakai Al Maidah 51, dan pernyataan dibohongi dan dibodohi pakai Al Maidah 51 itu yang menjadi inti persoalan,” jelas Amin.

Menurut Amin, Al Quran yang merupakan perkataan Allah SWT tidak pernah membohongi siapapun, termasuk umat Islam sebagai penganutnya.

“Masalahnya kata “dibohongi” pakai Al Maidah 51 dan “dibodohi” pakai Al Maidah 51. Karena Al Quran tidak akan pernah membohongi siapapun walau dengan dirinya sendiri,” tegas Amin.
Di dalam ruang sidang juga Amin menjelaskan bahwa tafsir Al Quran itu berbeda. Termasuk tafsiran kata “awliya” pada Al-Maidah 51 yang bisa diartikan sebagai pemimpin dan teman setia.

Di Indonesia, makna pemimpin tersebut sering ditafsirkan sebagai pemimpin ketua RT hingga presiden. Maka dari itu, tidak sembarang orang diperbolehkan menafsirkan Al Quran oleh ulama. Amin Suma juga menceritakan sebab-sebab turunnya Surat Al-Maidah 51 tersebut dan cara memahami ayat tersebut.

EDITOR: Rizky

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER