Pengamat: Gus Ipul-Puti Kombinasi Religius-Nasionalis Untuk Jatim

0
97
Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno, setelah menjalani tes Kesehatan, Jumat (12/1/2018). (foto:Devan/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pengamat politik asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Novri Susan, menilai Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Pramatha Puspa Seruni Paundrianagari alias Puti Guntur Soekarno merupakan kombinasi pasangan cagub-cawagub Jawa Timur ideal.

Sebab, kata dia, sosok Gus Ipul mewakili kultur religius sementara Puti Guntur sosok nasionalis.

“Kombinasi pasangan ideal untuk kepemimpinan politik, yakni religius dan nasionalis,” kata Novri, dikonfirmasi, Jumat (12/1).

Menurut dia, kehadiran Puti sebagai calon Wakil Gubernur Jatim bakal memberikan peluang pada pandangan umum masyarakat tentang peran perempuan dalam politik.

Tak hanya itu, kata Novri, kehadiran Puti juga bisa menambah suara untuk Gus Ipul-Puti. Sebab, konstituen perempuan Jatim utamanya yang berbasis nasionalis cenderung memilih Puti, karena cucu Presiden Pertama RI, Soekarno.

“Namun yang perlu diingat adalah konsep program, mesin politik dan strategi kampanye. Karena hal itu menjadi salah satu kunci penting,” kata pria yang juga dosen FISIP bergelar doktor itu.

Sementara itu, bergabungnya dua partai politik, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra menjadi kekuatan penting bagi pasangan Gus Ipul-Puti.

Kedua partai ini, lanjut dia, memiliki basis massa di masyarakat perkotaan sehingga memberi peluang lebih besar pada Gus Ipul-Puti untuk kuat bersaing atau menang dalam Pilkada Jatim yang digelar 27 Juni 2018 mendatang.

“Bergabungnya dua partai itu, sedikit banyak tentu bakal membantu suara untuk Gus Ipul-Puti,” tukasnya. (Amal/Hrn)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU