KPU Larang Gambar Pendiri NU dan Bung Karno Jadi Alat Kampanye Paslon

0
752
Eko Sasmito, Ketua KPU Jawa Timur. (foto:Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – KPU Jatim melarang penggunaan foto kepala Negara, pendiri NU, dan Presiden pertama RI Soekarno untuk dijadikan sebagai alat kampanye di Pilgub Jatim.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan larangan tersebut sudah sesuai dengan pasal 24 (3) dan pasal 29 (3) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Didalam pasal tersebut disebutkan larangan untuk mencantumkan foto atau nama Presiden dan Wakil Presiden dan/atau pihak lain yang tidak menjadi pengurus partai politik,” ungkapnya saat ditemui di KPU Jatim, Jumat (26/1).

Loading...

Eko Sasmito berharap tim sukses masing-masing calon Gubernur dan Wakil gubernur untuk memperhatikan aturan teknis kampanye tersebut.

“Kami harap semua bisa mempelajari aturan PKPU tersebut sehingga saat Pilgub Jatim tak terjadi pelanggaran,” harapnya.

Baca juga: Gus Sholah Bantah Dukung Puti Soekarno di Pilgub Jatim

Senada dengan Eko, Komisioner KPU Jatim lainnya Gogot Cahyo Baskoro menambahkan bahwa dalam PKPU Nomor 4 tahun 2017 tersebut, juga disebutkan tim sukses harus menyerahkan desain gambar paslon yang akan dicetak oleh KPU Jatim.

“Dilarang dicantumkan gambar Presiden atau Wakil Presiden atau mantan Presiden RI. Kalau KPU yang mencetak kurang, maka tim dari paslon diperbolehkan mencetaknya,” pungkasnya. (Setya/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU