close

Infrastruktur Tanpa Utang, Sandiaga: Saya Bangun Tol Cipali Tidak Pakai Uang Negara

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Cawapres nomor urut 02 pasangan capres Prabowo Subianto, Sandiaga Uno menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur tanpa utang yang ia sampaikan sebelumnya adalah sangat memungkinkan.

Apalagi, kata cawapres yang juga pengusaha muda sukses ini, pembangunan infrastruktur tanpa utang itu juga bukan hal yang baru di Indonesia. Sejumlah infrastruktur sebelumnya telah dibangun tanpa menggunakan APBN.

“Saya pernah turut membangun infrastruktur jalan tol Cipali 116 km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (11/12).

Untuk membangun infrastruktur tanpa membebani APBN tersebut, menurut Sandiaga kuncinya adalah dengan melibatkan dunia usaha atau swasta. Hal itulah yang akan dilakukannya jika kelak terpilih di 2019.


Disampaikan Sandiaga, selain menggunakan dana swasta murni, pemerintah juga dapat mendorong penguatan kemitraan antara pemerintah dengan swasta dalam skema PPP (public private partnership) atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Skema PPP atau KPBU sudah ada dasar hukumnya, tetapi saat ini belum maksimal dalam implementasinya. Proyek-proyek insfrastruktur dengan skema PPP belum dioptimalkan sehingga banyak yang terlambat diputuskan,” tutur Sandiaga.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, skema PPP biasa didanai dengan system availability payment atau concession.

“Untuk memastikan tata kelola yang baik, good governance, skema ini juga bisa dilakukan dengan pola solicited atau unsolicited,” jelasnya.

Sebelumnya, kepada media di Jakarta, Sabtu (8/12), Sandiaga menyampaikan bahwa jika ia nanti terpilih dalam Pilpres 2019 maka pemerintahannya akan membangun infrastruktur tanpa utang. (ARif R)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER