ICMI: Pilkada Aman, Bukti Masyarakat Mengedepankan Adab

JAKARTA- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengapresiasi pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang baerlangsung dengan damai. Wakil Ketua Umum ICMI Priyo Budi Santoso mengatakan kedewasaan masyarakat Jakarta membuat pilkada berjalan lancar.

“Alhamdulillah pilkada berjalan lancar, tidak menampilkan hal-hal yang tidak diinginkan. ICMI mengapresiasi pilkada dan semua peserta pemilu. Masyarakat terbukti dapat mengedepankan adab. Meskipun ada black campaign kami anggap dinamika kecil dan bumbu. Secara keseluruhan menunjukkan sifat toleran dan sabar untuk menghormati praktik demokrasi di Jakarta,” kata Priyo dalam diskusi bertajuk ‘Dialektika ICMI’ di Gedung Euro Management, Jalan RP Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).

Priyo mengatakan pilkada yang damai tersebut dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Pihaknya mengatakan sikap dari masing-masing pasangan calon juga ikut menentukan damainya pilgub tersebut.

“Yang harus dipahami dalam setiap kompetisi, akan selalu ada pihak yang kalah dan menang. Sikap kesatria dari pasangan yang bertanding ikut membantu damainya jalannya pemilihan itu,” katanya.

Informasi Detik.com dalam diskusi ini, pengamat politik dari Indo Barometer Muhammad Qodari. Qodari secara khusus menyoroti sikap Agus Harimurti Yudhoyoni yang bersikap terpuji dalam dalam menanggapi kekalahan.

“Ahok yang ditelepon Agus saya anggap adalah tanda keberadaban demokrasi. Kalau anda kalah, anda tidak harus menunggu hasil resmi. Satu sikap kesatria yang menunjukkan siap menang dan siap kalah,” ujarnya.

Qodari mengatakan putaran kedua dalam Pilgub DKI Jakarta akan memberi angin baru bagi peta politik di Indonesia. Ia menganggap masalah minoritas dan mayoritas bukan lagi menjadi persoalan dalam pemilihan kepala daerah.

“Pilgub DKI Jakarta menunjukkan masalah mayoritas minoritas sudah selesai. Karena masing-masing pasangan yang lolos ke putaran kedua mewakili etnik minoritas. Satu keturunan Tionghoa, satu Arab. Jadi ini panggung paling strategis untuk memperlihatkan itu semua,” katanya.

EDITOR : Yus Arza

 

 

 

 

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.