Kedatangan Raja Salman dan Jawaban Doa Umat

Hari ini, Rabu (1/3) Raja Salman bin Abdul Aziz direncanakan tiba di Indonesia. Kedatangan raja Arab Saudi, pelayan dua tanah suci umat Islam di negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini, tentunya tidak dapat dipisahkan dari memaknainya sebagai silaturahimnya dua negara muslim dan dua saudara muslim.

Dalam agama Islam, persaudaraan seagama tidak pernah terpisah karena perbedaan suku, budaya, bangsa, ras, warna kulit, atau apapun yang terkait faktor sosiologis, biologis maupun teritorial. Allah Tuhannya telah menyatukannya dengan kitab suci yang sama yaitu Alquran dan kiblat yang sama, yaitu Kakbah.

Bukan kebetulan, jika Alquran yang dihina oleh seorang terdakwa yang kini kembali menjabat sebagai gubernur Jakarta di negara Indonesia, adalah Alquran yang sama diimani dan menjadi kitab suci Raja Salman dan rakyatnya di negara Arab Saudi. Dan bukan kebetulan pula, jika kiblat salat umat Islam di Indonesia adalah kiblat yang sama bagi Raja Salman dan rakyatnya di Arab Saudi. Mengapa bukan kebetulan?

Bagi seorang muslim, tidak ada kejadian yang kebetulan di muka bumi ini. Semuanya dibawah kendali dan atas izin Allah Rabb Aalamiin. Yaitu Allah, Tuhan yang menciptakan, menguasai dan mengatur seluruh alam ini.

Sejak kecil, seorang muslim sudah hafal dan mengamalkan ayat suci Alquran Surat Al Fatihah ayat 2: Alhamdulillahi Rabbil Aalamiin di setiap rakaat dari saolatnya, di setiap mendapatkan nikmat dari Allah, di setiap menyelesaikan sebuah pekerjaan, dan di setiap awal dan penghujung khotbah dan munajat doanya. “Segala pujian hanya bagi Allah, Tuhan pencipta, penguasa dan pengatur seluruh alam.” Begitu makna ayat tersebut.

Doa-doa yang dilantunkan umat Islam di Indonesia pada momen salat Jumat (2/12) yang konon terbesar yang pernah ada di dunia. Termasuk dalam rangkaian gerakan salat Subuh berjamaah yang merambah berbagai kota-kota besar di tanah air, selain sebagai bagian ibadah yang diperintahkan Allah, sekaligus sebagai wujud ikhtiar permohonan langsung kepada Raja Diraja pengatur dan penguasa alam. Setelah sebelumnya umat dibimbing para ulama melakukan berbagai ikhtiar konstitusional kepada aparat pemerintah dan pemimpin negara.

Allah berfirman dalam Alquran Surat Al Mu’min pada awal ayat 60 yang artinya: “Dan Tuhan kalian berfirman, ‘Berdo’alah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan untuk kalian.” Adalah ayat yang juga diimani umat Islam di seluruh dunia, bahwa Allah yang mengatur alam ini akan mengabulkan doa yang dipanjatkan umat Islam dimana pun berada.

Jauh disana, di sisi benua yang berbeda, Raja Salman dikenal sebagai raja pecinta Alquran dan salat berjamaah tepat waktu. Sejak masih sebagai pangeran, beliau selalu mengadakan lomba menghafal Alquran untuk anak-anak di negaranya. Dikutip dari laman Arab News, beliau sudah hafal Alquran sejak umur 10 tahun. Meski ditengah kesibukan, beliau selalu mengkhatamkan Alquran 3 kali di bulan Ramadhan.

Bukan tidak mungkin, kehadiran raja pecinta Alquran di negara yang umatnya sedang berikhtiar segala upaya menuntut agar penista Alquran ditangkap dan dihukum berat, sebagai jawaban dari doa umat selama ini. Karena sekali lagi, tidak ada kejadian yang kebetulan di muka bumi ini. Semuanya dibawah kendali dan atas izin Allah Rabb ‘Aalamiin. Tuhan yang telah menurunkan Alquran Surat Al Maaidah ayat 51 dan Tuhan yang memerintahkan umatnya untuk berdoa kepada-Nya dan berjanji menjawabnya. Allahu ‘alam bishowwab. Walhamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin.

Penulis adalah pengasuh majelis taklim Roihatul Jannah dan ketua GMKM Jogjakarta

EDITOR: Rizky

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER