close

Antisipasi Aksi Bela Rohingya di Borobudur, 2.800 Personel Keamanan Disiagakan

MAGELANG – Sebanyak 2.800 personel aparat keamanan disiagakan dalam pengamanan aksi damai solidaritas Muslim Rohingya di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (8/9).

“Kami siapkan 28 SSK atau 2.800 personel untuk pengamanan,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono usai apel pengamanan kegiatan masyarakat menyikapi masalah kemanusiaan Rohingya di Lapangan drh Soepardi, Kabupaten Magelang, Kamis (7/9).

Ia menuturkan sebenarnya rencana aksi Borobudur tersebut sudah dibatalkan oleh pemrakarsanya, namun pihaknya tidak ingun “underestimate”, oleh karenanya keamanan harus selalu siap.

“Ada bebeberapa lokasi yang merupakan ring I pengamanan, yakni sekitar Candi Borobudur, Masjid An-Nur, dan Candi Mendut,” paparnya.


Ia menuturkan di Candi Borobudur tidak boleh ada aktivitas aksi, dilakukan sterilisasi, pemeriksaan secara ketat terhadap pengunjung yang akan masuk ke Candi Borobudur. Pemeriksaan dilakukan secara gabungan dari petugas keamanan Candi Borobudur, TNI, dan Polri.

Kemudian pengamanan di ring II, yakni di luar kawasan Candi Borobudur dengan melakukan penyekatan agar tidak ada massa aksi yang masuk ke ring I.

Selain menyekat, pihaknya meminta babinkamtibmas, babinsa, kepala desa juga mendeteksi RT/RW untuk mendeteksi jangan sampai ada orang-orang yang akan berusaha mencari nama di sana sebelum dilakukan penyekatan.

“Jangan sampai orang-orang yang akan berusaha mencari nama kemudian mengapload bahwa dia sudah beraksi di Candi Borobudur,” tegasnya.

Kemudian pengamanan di ring III yang akan masuk wilayah Magelang juga dilakukan penyekatan. Selain itu, katanya, 35 polres di Polda Jateng, termasuk Polda DIY, juga melakukan penyekatan agar massa dari Yogyakarta tidak masuk ke Magelang.

“Pihak pemrakarsa telah membatalkan kegiatan di Borobudur dan akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid An-Nur, sehinga Masjid An-Nur juga menjadi ring satu dalam pengamanan,” terangnya.

Ia mengatakan masjid tidak boleh untuk melaksanakan unjuk rasa sehinga Masjid An-Nur yang bertanggung jawab takmir masjid untuk susunan petugas khotib dan imam shalat Jumat.

Ia menyampaikan shalat Jumat juga akan dilaksanakan serentak di 35 kabupaten/kota di masjid agung setempat sekaligus mengakomodir aspirasi masyarakat untuk doa bersama, shalat gaib, dan penggalangan dana.

“Di semua kabupaten/kota, polres melakukan penyekatan, kalau massa akan menuju Magelang hanya untuk shalat Jumat silakan di masjid masing-masing, karena daya tampung Masjid An-Nur juga terbatas sekitar 1.500 orang,” katanya.

Ia meminta anggota keamanan untuk melakukan pengamanan secara profesional, sesuai standar operasional prosedur, tahapan-tahapan tindakan kepolisian ada eskalasinya, dan pihaknya minta agar tidak ada yang membawa peluru tajam.

“Saya minta seluruh anggota pengamanan lebih mengedepankan tindakan persuasif, karena aksi damai dan juga merupakan bentuk simpati dan empati kaum muslim,” katanya. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).