BI: Pertumbuhan Ekonomi Masih Jauh dari Harapan

1
91
Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2017 sebesar 5-5,4 persen. (cnbc.com)

JAKARTA – Perekonomian Indonesia masih belum bisa diharapkan seperti dalam rencana pemerintah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 ini memang masih jauh dari harapan.

Bank Indonesia (BI) setelah melihat kondisi domestik dan global, memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2017 hanya akan ada di batas bawah perkiraan sebelumnya yang sebesar 5-5,4 persen.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, dari perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia full year di kisaran 5-5,4 persen. Setelah melihat kondisi awal tahun ini, realisasinya diperkirakan hanya di kisaran 5-5,1 persen.

Loading...

“Melihat kondisi saat ini lebih ke arah batas bawah,” katanya, Jumat (24/2). Ini sama seperti target pertumbuhan pemerintah tahun ini di 5,1 persen.

Pesimisme BI ini didasari oleh kondisi perekonomian di kuartal I 2017 yang belum bisa melaju kencang karena rendahnya kontribusi dari pengeluaran pemerintah dan swasta. “Di kuartal I biasanya pengeluaran belum banyak baik dari pemerintah dan dunia usaha,” kata Mirza.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,4 persen bisa tercapai jika kondisi Indonesia tetap stabil dan didorong pengeluaran pemerintah yang lebih cepat dan tepat. Syarat lain adalah kenaikan kepercayaan dunia usaha, sehingga ekspansi bisnis meningkat. “Pertumbuhan ekonomi 5,4 persen bukan sesuatu yang tidak mungkin,” ujar Mirza.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU