Jokowi akan Hadiri Hari Peduli Sampah Nasional di Surabaya

SURABAYA – Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Surabaya, Kamis (16/2) mendatang, Kunjungan ini dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang dipusatkan di Pantai Kenjeran.

Direktur Pengelolaan Sampah pada Dirjen Persampahan dan Limbah B3 Kementerian LHK, R Sudirman mengatakan, Kota Surabaya bisa menjadi contoh bagus bagi daerah lainnya dalam hal pengelolaan sampah. Utamanya adanya pusat daur ulang yang ada di kawasan Jambangan.

“Surabaya kotanya bagus. Tempat Pembuangan Akhir (TPA)-nya juga bagus. Wali kotanya juga punya prestasi bagus,” ujar R Sudirman di Surabaya, Senin (13/2). Disampaikannya, pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Surabaya, terbagi dalam dua agenda. Agenda pertama dipusatkan di Pantai Kenjeran. Diawali kerja bakti bersama (bersih-bersih pantai) yang diikuti oleh sekitar 20 ribu orang yang terdiri dari unsur pemerintah, komunitas, TNI, Polri, Pramuka, anak-anak sekolah, nelayan dan diikuti provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Agendanya juga ada pemberian penghargaan kinerja produsen dalam pengurangan sampah (industri manufaktur dan ritel), juga pemberian penghargaan kepada bank sampah terbaik dan penyerahan KUR kepada KUKM Bank Sampah,” ujarnya..

Sementara agenda kedua akan dipusatkan di kawasan Jambangan. Presiden bersama rombongan menuju lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) sampah berkapasitas 20 ton/hari di Jambangan, Surabaya. Selain peresmian PDU, presiden akan melakukan peninjauan operasional proses daur ulang PDU Jambangan.

“Terkait peresmian PDU ini, kami harap kepala daerah lainnya juga hadir. Supaya wali kota/kepala daerah lainnya bisa tahu. Karena ini merupakan inovasi dalam penanganan sampah. Sampah tidak lagi semuanya dibawa ke TPA tapi didaur ulang,” jelas Sudirman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER