OBOR Salurkan Bantuan Korban Gempa Lombok Lewat PKPU HI Yogyakarta

MAGELANG, SERUJI.CO.ID – Mendengar nama Borobudur, tidak hanya di Indonesia, namun masyarakat dunia pasti mengetahuinya. Borobudur, satu dari sekian keajaiban dunia yang berbentuk candi, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Di balik nama besar Borobudur, ada sekelompok orang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan OBOR (Orang Borobudur Bersatu). Kelompok ini memiliki jiwa dan kepedulian yang besar terhadap sesama.

Komunitas yang berada di wilayah desa Borobudur kecamatan Borobudur, Magelang ini sudah bebarapa tahun terbentuk. Tiap ada musibah yang menimpa saudara-saudara kita di seluruh Indonesia, mereka bergerak menggalang kepedulian dengan mengumpulkan donasi dari para pengunjung candi Borobudur, para pedagang, serta warga sekitar candi Borobudur.

Waktu gempa melanda Pidie Jaya, Aceh mereka menggalang dan menyalurkan dana kepada warga terdampak di Aceh. Juga untuk beberapa lokasi bencana lain di negara kita.

Gempa bumi yang melanda wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi sejak 29 Juli 2018 lalu, mengakibatkan sedikinya 468 orang meninggal, 1.054 warga luka-luka, 431.426 penduduk harus mengungsi, serta ratusan infrastruktur hancur (sumber: data BNPB 16 Agustus 2018). Bencana di Lombok juga tidak luput menjadi sasaran kepedulian komunitas OBOR.

Kali ini, mereka menggandeng komunitas lain yang berada di seputaran candi Borobudur. Di antaranya STUPA Lovers Magelang, driver Grab Bike, serta Car Borobudur Raya dan warga masyarakat desa Borobudur lainnya.

Dari penggalangan yang dilakukan selama 9 hari, dari 25 Agustus hingga 2 September 2018, yang dikerjakan bergiliran dengan sistem piket oleh tiap anggota komunitas, terkumpul donasi sebanyak Rp90.202.000.

Hasil donasi tersebut diamanahkan pada PKPU HI Yogyakarta, untuk disalurkan melalui program-program PKPU HI di wilayah terdampak gempa Lombok NTB. Acara serah terima donasi dilaksanakan di aula balai desa Borobudur kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Kepala Desa Borobudur Suherman, SE, dalam sambutanya menyatakan keprihatinannya dan turut berduka atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok NTB.

Untuk itulah, ujarnya, masyarakat di wilayahnya turut serta memberikan dukungan moril dan material, berupa penggalangan donasi untuk mereka yang sedang didera musibah. Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan langsung Suherman SE selaku penasehat OBOR ke Muthori A Md selaku kepala cabang PKPU Human Initiative Yogyakarta.

Penyerahan disaksikan, ketua OBOR Nurwanto. Dari Muspika diwakili Babinsa dari Polsek dan Koramil Kecamatan Borobudur, serta dari perwakilan komunitas Grab Car dan Bike Borobudur Raya dan STUPA Lovers Magelang disaksikan sekitar 100 orang anggota komunitas OBOR.

Acara kemudian diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh petugas KUA kecamatan Borobudur.

“Kami atas nama PKPU Human Initiative menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada organiasi kemasyarakatan OBOR dan komunitas yang lain di desa Borobudur ini yang sudah mempercayakan PKPU Human Initiative,” tutur ketua PKPU HI Muthori A Md.

(PKPU HI/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Dahnil Anzar: Gerindra Juga Siap Jadi Mitra Koalisi Presiden Jokowi

“Jadi, sampai detik ini Pak Jokowi dan pihak Pak Jokowi belum bilang mau memberikan sekian banyak menteri ke Pak Prabowo dan Gerindra, itu belum ada,” tukas Dahnil.

Nilai Negara Darurat Radikalisme, NU Minta Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Terorisme

KH Said menegaskan bahwa negara tidak boleh kalah dengan radikalisme dan terorisme yang terjadi di Tanah Air sekarang ini.

Wanita Penyebar Video “Penggal Kepala Jokowi” Akan Divonis Siang Ini

Ina didakwa menyebarkan video yang kemudian viral berisi konten seorang pria berinisial HS mengancam akan memenggal kepala Presiden Jokowi.

Tidak Hanya Bukan Penentu Ketum IKA ITS Terpilih, Hasil OMOV Juga Berpeluang Dianulir Senat

Namun, menurut Cak Tatok, nama-nama calon Ketum yang terpilih di OMOV masih berpeluang dianulir oleh Senat IKA ITS karena pertimbangan PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak Tercela).

Inilah Bakal Calon Ketum IKA ITS Yang Akan Dipilih dengan Sistem OMOV

Namun, ada yang berbeda pada OMOV IKA ITS yang akan melibatkan seluruh alumni ini, dimana hasil OMOV bukanlah sebagai penentu Ketum terpilih, tapi hanya sebagai proses penjaringan calon Ketum yang kemudian akan dipilih di Kongres.

Video Detik-Detik Wiranto Diserang dan Ditusuk Orang Tak Dikenal

Mantan Panglima TNI tersebut, mengalami dua luka tusuk di bagian perutnya, dan langsung mendapat perawatan di RSUD Berkah Pandeglang untuk kemudian dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tidak Hanya Bukan Penentu Ketum IKA ITS Terpilih, Hasil OMOV Juga Berpeluang Dianulir Senat

Namun, menurut Cak Tatok, nama-nama calon Ketum yang terpilih di OMOV masih berpeluang dianulir oleh Senat IKA ITS karena pertimbangan PDLT (Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak Tercela).

Inilah Bakal Calon Ketum IKA ITS Yang Akan Dipilih dengan Sistem OMOV

Namun, ada yang berbeda pada OMOV IKA ITS yang akan melibatkan seluruh alumni ini, dimana hasil OMOV bukanlah sebagai penentu Ketum terpilih, tapi hanya sebagai proses penjaringan calon Ketum yang kemudian akan dipilih di Kongres.