close
Beranda Daerah Jateng-DIY

Jateng-DIY

KOLOM

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Membangkitkan Peran Mahasiswa Mengawal Pemilu 2019

SERUJI.CO.ID - Momentum perhelatan Nasional Pemilu serentak, Pilpres dan Pileg, tahun 2019 tepatnya tanggal 17 April 2019 yang akan datang hanya tinggal hitungan hari....

Di TPS Keluarga Jokowi Mencoblos, Prabowo-Sandi Hanya Raih 8 Suara

"Sedangkan surat suara tidak sah ada dua, totalnya ada 162 pemilih yang memberikan hak suara di TPS 38 ini," kata Ketua KPPS TPS 38 Manahan Sunarso di Solo, Rabu (17/4).

Yogyakarta Mampu Mengurangi Volume Sampah Rumah Tangga Lebih Dari 20%

Pemerintah kota berupaya mengurangi sampah di antaranya dengan mendorong masyarakat melakukan pengelolaan dan pemilahan sampah sejak dari rumah tangga

Kembangkan Potensi Wisata Joglosemar, Angkasa Pura Bersinergi dengan TWC Borobudur

Bentuk sinergi kedua BUMN tersebut antara lain berupa pembuatan materi kampanye wisata Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar)

BNN Jateng Ungkap Tindak Pidana Pencucian Uang dari Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah kembali mengungkap tindak pidana pencucian uang (TPPU) Dari Bisnis Narkotika.

Antisipasi Tindak Korupsi Gubernur Jateng Dorong ASN Melaporkan Harta Kekayaan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong seluruh ASN dan pegawai BUMD di lingkungan Pemprov Jateng untuk melaporkan harta kekayaanya sebagai upaya mengantisipasi tindak pidana korupsi.

Bawang Putih Naik Tinggi Lampaui Harga Acuan, Begini Penjelasan Disperindag Yogyakarta

Harga bawang putih di Yogyakarta kembali naik, apa sebabnya?

Terdapat Lima Guguran Lava Yang Diluncurkan Gunung Merapi

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah meluncurkan lima...

Merasa Diperlakukan Tidak Adil, Ketua DPC Gerindra Gunung Kidul Akan Gugat KPU

Ketua DPC Partai Gerindra Gunung Kidul, Ngadiyono Ngadiyono mempertanyakan keputusan KPU Gunung Kidul yang mencoret namanya sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Daftar Calon Tetap Pemilu 2019.

KPU Coret Ketua DPC Gerindra Gunung Kidul dari Daftar Caleg 2019

KPUD Gunung Kidul mencoret ketua DPC Gerindra Gunung Kidul dari daftar calon tetap (DCT) 2019.

Jadi Terbesar di Indonesia, New Yogyakarta International Airport Beroperasi April 2019

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Perkembangan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjalan sesuai target. Untuk...

Gunung Merapi Muntahkan Dua Kali Guguran Lava Pijar, Zona Aman 3 Km

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gunung Merapi di Yogyakarta kembali memuntahkan isi perutnya. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat dua kali guguran...

Tabligh Akbar PA 212 Putihkan Kawasan Gladag Solo

SOLO, SERUJI.CO.ID - Massa ummat Islam dari berbagai daerah mengikuti tabligh akbar yang digelar oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 di kawasan Gladag, Jalan Slamet...

Status Waspada, Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Pijar Dua Kali

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat Gunung Merapi dua kali meluncurkan guguran lava pijar pada Sabtu (12/1)...

Status Waspada, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Terjadi guguran lava pijar di puncak Gunung Merapi, Kamis (10/1) sekitar pukul 18.38 WIB. Guguran lava pijar itu tergolong kecil. "Guguran lava...

Gunung Merapi Lontarkan Lava Pijar Sejauh 1,2 Kilometer

"Guguran lava terpantau di Gunung Merapi tanggal 04/01/2019 pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur 1.2 km, arah ke hulu Kali Gendol," demikian informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun twitter resminya.

Dikabarkan Ambrol, Begini Klarifikasi Pengelola Jalan Tol Salatiga-Solo

Dikabarkan ambrol, begini klarifikasi dari pengelola Jalan Tol Salatiga-Solo

Baru Diresmikan Jokowi, Talut Tol Salatiga-Solo Ambrol

Jalan tol Trans Jawa ruas Salatiga-Solo yang baru dibuka secara fungsional dan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (20/12) lalu, mengalami kerusakan. Talut di kilometer 489 atau di timur Balai Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali ambrol, pada Senin (24/12).

Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Pijar Selasa Dini Hari

BPPTKG mencatat Gunung Merapi meluncurkan guguran lava pijar pada Selasa (25/12) dini hari, pukul 00.11 WIB.

Pasar Kalimaling Semarang Ludes Terbakar

Kebakaran melanda Pasar Kalimaling, Desa Plumutan, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Jumat (14/12) sekitar pukul 02.30 WIB. Akibat peristiwa ini, sebanyak 26 kios dan 65 lapak ludes terbakar.

Status Merapi Masih Waspada, Sebaiknya Jangan Mendaki

BPPTKG Yogyakarta menyatakan status Gunung Merapi hingga Senin (10/12) masih pada level II atau Waspada.

BPBP Sebut Ada 103 Desa di Temanggung Rawan Bencana Longsor

BPBD Kabupaten Temanggung menyatakan sebanyak 103 dari 289 desa/kelurahan di wilayah setempat selama musim penghujan berisiko menghadapi bencana tanah longsor.

Banjir Rendam Ribuan Rumah di 9 Desa Cilacap

Hujan dengan intensitas tinggi dalam dua hari terakhir memicu banjir di empat kecamatan wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/12).

KA Joglosemarkerto Resmi Beroperasi, Kini Keliling Jateng-DIY Cukup Satu Kereta

KA Joglosemarkerto resmi beroperasi hari ini. Kini rute Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Semarang bisa dilewati hanya dengan satu kereta.

Pemerintah Bagi-Bagikan Bus Sekolah Pada Pondok Pesantren

"Maka kami atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri Perhubungan, melalui Dirjen Kementerian Perhubungan Darat, bersama anggota DPR RI, yang ingin bersama-sama untuk memperjuangkan kualitas pendidikan, terutama di ponpes," kata Zaenal.

Ahli Racun se-ASEAN Berkumpul di Yogyakarta, Apa Yang Dibahas?

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Puluhan ahli racun dan tenaga medis dari negara-negara anggota ASEAN pada Selasa (23/10) berkumpul di Yogyakarta untuk membahas standar penanganan penyakit akibat...

Tanggapi Situasi Terkini, SBY Instruksi Kader Tak Terlibat Hal Bertentangan dengan Konstitusi

Memastikan para pengurus dan kader Partai Demokrat tidak melibatkan diri dalam kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi dan UU yang berlaku serta tidak segaris dengan kebijakan pimpinan PD.

Hitung Cepat: Prabowo Menang di 20 Provinsi Namun Kalah Nasional, Begini Perhitungannya

Namun, walau unggul di lebih banyak Provinsi, Prabowo-Sandi secara nasional hanya mampu kumpulkan 45,7 persen suara, masih kalah peroleh suara dari Jokowi-KH Ma’ruf yang unggul di 54,30 persen.

Hitung Cepat: Prabowo Unggul di 20 Provinsi, Jokowi di 14 Provinsi

Terlihat, pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga unggul di 20 provinsi di Indonesia. Sementara pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin hanya unggul di 14 provinsi yang ada di Indonesia.

Dari Mahathir Sampai Erdogan, Jokowi Sebut Dapat Ucapan Selamat Atas Sukses Gelaran Pemilu

"Kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong," kata Presiden di Plataran Restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (18/4).

POPULER

Hitung Cepat: Prabowo Menang di 20 Provinsi Namun Kalah Nasional, Begini Perhitungannya

Namun, walau unggul di lebih banyak Provinsi, Prabowo-Sandi secara nasional hanya mampu kumpulkan 45,7 persen suara, masih kalah peroleh suara dari Jokowi-KH Ma’ruf yang unggul di 54,30 persen.

Hitung Cepat: Prabowo Unggul di 20 Provinsi, Jokowi di 14 Provinsi

Terlihat, pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga unggul di 20 provinsi di Indonesia. Sementara pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin hanya unggul di 14 provinsi yang ada di Indonesia.

Tak Diduga, Quick Count: PKS Bersaing dengan Parpol Papan Atas dan Unggul dari Demokrat

Bukan hanya mampu menyodok ke papan tengah, PKS juga mampu bersaing ketat dengan partai-partai yang diprediksi akan menempati papan atas pada Pemilu 2019 ini, seperti PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, dan NasDem.

Soal Sujud Syukur Prabowo, Begini Pendapat Ketua Bidang Hukum PP Muhammadiyah

Kata Busyro, sujud syukur menjadi tanpa dasar apabila ditujukan untuk merayakan kemenangan, sementara hasil resmi pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum diumumkan.