BPBD Yogyakarta Minta Sekolah Susun Perencanaan Mitigasi Bencana

0
16
  • 1
    Share
mitigasi bencana
Buku Saku BNPB untuk Mitigasi Bencana.

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta akan menggencarkan sosialisasi terkait Sekolah Aman Bencana pada 2019 dan meminta sekolah untuk menyusun rencana mitigasi bencana untuk meminimalisasi korban.

“Misalnya saja menentukan jalur evakuasi jika terjadi bencana termasuk titik kumpul yang dianggap aman,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi di Yogyakarta, Ahad (21/10).

Menurutnya, belum banyak sekolah di Kota Yogyakarta khususnya SD dan SMP yang memiliki jalur evakuasi dan titik kumpul sehingga perlu terus didorong untuk bisa menyiapkannya sehingga jika terjadi bencana, maka seluruh warga di sekolah tersebut sudah mengetahui tindakan yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, lanjut Hari, pada 2019 akan diperbanyak program sosialisasi Sekolah Aman Bencana ke SD dan SMP sehingga sekolah memiliki kesadaran terkait pentingnya mitigasi bencana termasuk rencana evakuasi jika terjadi bencana.

“Mungkin, sekolah merasa belum penting untuk menyusun jalur evakuasi dan titik kumpul yang aman sehingga tidak membuatnya. Akan sedikit kami `paksa` agar sekolah bisa menyadari pentingnya jalur evakuasi,” katanya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU