Massa Aksi di Pontianak Dihalau Mundur Aparat Polisi dan TNI

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Massa aksi berhasil dihalau mundur oleh aparat Polda Kalbar dan TNI yang sempat melakukan pemblokiran Jamban Kapuas I Pontianak atau area perempatan Jalan Tanjungpura, Pahlawan dan Imam Bonjol.

Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Didi Haryono, saat berada langsung di lokasi aksi mengatakan bahwa pihaknya bersama TNI dari Kodam XII Tanjungpura melakukan negosiasi sehingga massa aksi mundur dan kembali ke rumah masing-masing.

“Penyampaian aspirasi masyarakat yang kurang elok tersebut saat ini sudah kembali ke tempat masing-masing. Kita melakukan negosiasi dan mereka menyadari penyampaian aspirasi yang kurang elok,” ujarnya di Pontianak, Rabu (22/5).

Ia mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah bisa melakukan aktivitas masing-masing dan kondisi sudah kondusif.

“Rasa aman adalah milik bersama. Dengan aksi penyampaian aspirasi yang tidak etis akan mengganggu. TNI dan Polri yang dibantu bantu masyarakat mampu mengendalikan kondisi ini. Aman adalah kebutuhan mari kita jaga bersama,” papar dia.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Herman Asaribab, yang juga berada di lokasi mengajak masyarakat untuk bersama menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Mari kita bersama menjaga Kamtibmas. Sehingga dalam bulan Ramadhan ini aman dan lancar,” ajak dia.

Saat pengaman di lokasi aksi massa, pihak keamanan juga melakukan penembakan gas air mata dan tembakan peringatan kepada massa. Melalui hal tersebut juga secara perlahan mampu membuat massa aksi perlahan mundur meskipun tetap memberikan perlawanan berupa pelemparan batu dan lainnya terhadap aparat yang melakukan pengaman.

Di dekat persimpangan Jalan Tanjungpura tersebut kantor pos lalu lintas Polisi berhasil dibakar massa aksi.

Tidak lama setelah azan shalat dhuhur, kondisi di sekitar aksi mulai kondusif. Lalu lintas mulai lancar. Meskipun Jambatan Tol I masih dilakukan penutupan oleh aparat untuk menghindari aksi susulan.

Terdapat beberapa massa aksi yang berhasil diamankan aparat untuk dilakukan penanganan selanjutnya. Hingga saat ini aparat masih berjaga di sejumlah titik di Pontianak agar Kamtibmas masih tetap terjaga di Bumi Khatulistiwa tersebut.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O