Lagi, Lombok Tuan Rumah Balap Sepeda Dunia

MATARAM – Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali dipercaya menggelar even olahraga berskala internasional. Setelah ajang Grand Fondo New York (GNFY) sukses digelar pada Oktober tahun lalu, kini negeri Seribu Masjid itu dipercaya kembali menggelar olahraga ekstrem balap sepeda kelas dunia dibawah naungan bendera Union Cycliste Internationale (UCI).

“Uni Balap Sepeda Internasional (UCI) sudah memutuskan Tour de Lombok Mandalika akan dilaksanakan pada 13-16 April 2017 di Lombok,” demikian  disampaikan Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal, Senin (27/2).

Menurut Faozal, di Indonesia hanya ada dua turnamen sepeda balap berskala internasional yang disetujui pihak UCI untuk digelar, yaitu Tour de Ijen dan Tour de Lombok. Persetujuan tersebut diperoleh setelah pihaknya memenuhi semua persyaratan yang diminta pihak UCI.

“Dalam waktu dekat, Pengurus Besar Ikatan Sepeda Indonesia (PB ISI) akan datang ke Lombok untuk melakukan pengecekan rute yang akan dilalui para pebalap nantinya,” kata Faozal.

Ada empat rute yang rencananya akan dilalui peserta, yaitu start awal di Kuta kemudian bergerak menuju Sembalun, dilanjutkan ke Bangsal dan kembali finish di Kuta. Turnamen ini nantinya akan diikuti oleh pebalap sepeda dari dalam dan luar negeri. “Untuk peserta kita targetkan sedikitnya 15 pebalap dari mancanegara, 55 lainnya dari pebalap lokal maupun nasional,” sebutnya.

Untuk pebalap internasional, mereka saat ini sedang ikut turnamen Tour de Bangkok. Setelah itu mereka akan langsung bertolak ke Lombok.  Ia berharap, kegiatan turnamen berskala Internasional ini, mampu mendongkrak citra pariwisata NTB di mata dunia.

EDITOR: Rizky

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER