MENU

Olahraga Bagi Penyandang Stroke

SERUJI.CO.IDTetangga saya, Tn AD, usia sekitar 60 tahun, beberapa bulan yang lalu mengalami stroke, tapi tidak begitu berat. Tidak berapa lama dirawat di rumah sakit keadaannya membaik dan dibolehkan rawat jalan.

Kemudian, waktu saya jogging pagi hari, Tn AD ini sering saya lihat senam sendiri di ruang garasi mobilnya, dan kadang-kadang berjalan dengan bantuan tongkat di depan rumahnya.

“Alhamdulillah, sudah bisa olahraga Pak,” ujar saya ketika ketemu dia yang sedang berjalan di depan rumahnya. Sebelum beliau mengalami serangan stroke saya boleh dikatakan tidak pernah melihatnya olahraga.

“Ya, Pak Irsyal, saya memang dianjurkan harus tetap aktif bergerak, olahraga oleh dokter yang merawat saya. Sebenarnya saya ragu, apakah olahraga ini masih bermanfaat untuk saya, yang sudah mengalami stroke dan usia sudah lanjut begini,” ucap pasien seperti nada bertanya.

Tanpa ragu langsung saya jawab, “Pasti pak, banyak dan sangat bermanfaat, di antaranya dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, lemak darah, dan berat badan. Semua ini merupakan faktor risiko bapak mengalami serangan stroke. Olahraga juga memperbaiki sirkulasi darah, kapasitas aerobik, meningkatkan kebugaran tubuh, memperbaiki suasana hati, mengurangi stress, meningkatkan kekuatan otot yang pasti juga berpengaruh terhadap kualitas hidup penderita stroke.”

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

spot_img

TERPOPULER