Merasa Diabaikan Jokowi, Komunitas Ojek Online Deklarasi Dukung Prabowo

0
108
Forum Gabungan Roda 02 (Forgab Roda 02) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandiaga, Jumat (14/12/2018). (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –¬†Pengemudi ojek online yang tergabung dalam Forum Gabungan Roda 02 (Forgab Roda 02) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Forgab Roda 02 menilai pemerintahan saat ini abai terhadap kesejahteraan pengemudi ojek online.

“Hari ini kami menyatakan dukungan kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2019,” kata Juru Bicara Forum Gabungan Roda 02 Zulfikar di kantor Sekretariat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (14/12).

Zulfikar kemudian mengungkapkan beberapa alasan yang melatarbelakangi dukungan tersebut.

“Kami kecewa terhadap pemerintahan Presiden Jokowi yang hingga kini belum menerbitkan regulasi untuk melindungi keberadaan pengemudi ojek online,” katanya.

Padahal, kata Zulfikar, sejak tahun 2016 sejumlah komunitas telah melakukan berbagai upaya agar pemerintah mengeluarkan regulasi tersebut.

“Dengan tidak adanya regulasi, maka posisi pengemudi ojek online yang disebut sebagai mitra kerja menjadi tidak setara di hadapan aplikator atau perusahaan penyedia aplikasi. Sehingga pengemudi tidak memiliki posisi tawar yang baik dalam penentuan kebijakan, termasuk soal tarif,” ungkapnya.

Baca juga: Ojek Online Demo Tuntut Pemerintah Susun Regulasi

Ia menyebut teleh berjuang sejak 2016. Mulai dari mediasi dengan aplikator, kemudian demonstrasi, bertemu anggota DPR, kementerian, hingga mengajukan JR (judicial review) ke MK.

“Puncak perjuangan itu saat teman-teman duduk satu meja dengan Presiden. Presiden kan punya kekuasaan untuk mengeluarkan produk hukum seperti Perppu atau Keppres. Namun, sampai saat ini tidak ada dilakukannya,” tuturnya.

Zulfikar kemudian mengungkap alasan soal dukungan komunitasnya terhadap Prabowo. Pihaknya menilai pasangan Prabowo-Sandiaga memiliki visi misi yang berpihak pada ekonomi kerakyatan.

Dalam kontrak politik Prabowo di hadapan ribuan buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, saat peringatan hari buruh 1 Mei 2018 di Istora Senayan, Jakarta, terdapat satu poin yang dinilai berpihak terhadap pengemudi ojek online.

“Pada poin ke 8 disebutkan bahwa Prabowo akan memperjuangkan kesejahteraan dan nasib ojek online juga regulasinya,” tuturnya.

Forgab Roda 02, kata Zulfikar, terdiri dari 205 komunitas dan wadah yang menaungi ribuan pengemudi ojek online. Di dalamnya terdiri dari komunitas-komunitas ojek online dari Jabotabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Ia mengatakan jumlah anggotanya sekitar 12 ribu pengemudi.

Sementara itu, Wakil Direktur Relawan BPN Prabowo-Sandiaga, Ferry Juliantono mengatakan, Prabowo-Sandiaga akan menciptakan regulasi yang berpihak jika terpilih pada Pilpres 2019 mendatang.

“Prabowo-Sandiaga akan mengubah kebijakan sehingga pengemudi ojek online punya posisi yang sama kuat untuk ikut menentukan tarif,” kata Ferry. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama