close

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Menteri Pariwisata Panen Omelan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Harga tiket pesawat hingga kini ternyata masih melambung, walau Presiden Jokowi sudah meminta penurunan harga tiket pada 11 Februari lalu. Akibatnya, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mendapat omelan dari masyarakat.

Orang nomor satu yang paling bertanggungjawab mengurusi kepariwisatan Indonesia itu diprotes kalangan pengusaha industri wisata sampai Gubernur

“Saya diprotes melalui telepon dan media sosial.Tapi tidak masalah, protesnya masih positif karena mereka cemas usahanya bangkrut gara gara sepi wisatawan akibat mahalnya tiket,” ujar Menpar Arief Yahya kepada SERUJI di Jakarta, Jumat (22/2).

Menurut Menpar, melonjaknya harga tiket pesawat sifatnya mendadak sehingga masyarakat kaget dan tidak terima. Akibatnya banyak program bepergian ke daerah wisata yang dibatalkan.


Itulah yang menyebabkan banyak kawasan wisata di tanah air menjadi sepi. Bahkan, kata Menpar, hotel hotel pun sepi, pedagang oleh-oleh dan suvenir juga sepi pembeli, dan para pengusaha menjadi gelisah, karyawan banyak tetapi gajinya harus tetap dibayar sementara pendapatan menurun.

“Mereka protes ke saya. Gubernur Sumatera Barat bàhkan langsung menelpon, isinya protes kenapa tiket terkesan dibiarkan mahal sehingga membuat banyak industri wisata di Sumbar terancam gulung tikar,” ujar Menpar.

Dari rangkaian protes itu, Menpar menilai, harga tiket pesawat tidak boleh dibiarkan lama melambung. Soalnya, aktivitas pergerakan wisatawan bisa sangat terganggu jika harga tiket tak terkendali.

Menpar menambahkan, mahalnya harga tiket juga bisa mengganggu program pencapaian target wisatawan tahun ini, maka Kemenpar usul agar harga tiket diturunkan mendekati normal.

Harga avtur yang menyebabkan melambungnya harga tiket pesawat juga diusulkan turun.

Menpar bersyukur, begitu protes para pengusaha industri wisata itu terdengar hingga ke telinga Presiden, langsung Presiden meminta turunkan harga tiket. Dan, armada Garuda pun langsung menurunkan hingga 20 persen harga jual setiap tiketnya.

Menpar berharap, jika penurunan harga tiket Garuda dan semua penerbangan anak Garuda (Citilink, Sriwijaya dan Nam Air).diikuti penerbangan lainnya, maka kepariwisataan Indonesia akan ramai lagi.

Namun hingga Sabtu (23/2) ini, menurut beberapa pengusaha cargo dan travel, harga tiket masih tinggi. Untuk penerbangan Jakarta-Kendari misalnya masih diatas Rp 1,6 juta sekali jalan. Jakarta Jayapura pakai Garuda sekitar Rp 5 juta sekali jalan.

“Akibatnya banyak klien saya memilih liburan ke Kuala Lumpur, Malaysia yang harga tiketnya murah, tidak sampai Rp 800 ribu sekali jalan,” jelas Liman Wijaya bos PT Liman Tours & Travel di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat.
Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: AH/Seruj

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).