Dalam Pertemuan ASEAN-BAC, Presiden Jokowi Sampaikan Pentingnya Integrasi Ekonomi

BANGKOK, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya integrasi ekonomi dalam pertemuan para pemimpin negara ASEAN dengan Dewan Penasehat Bisnis ASEAN (ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council/ASEAN-BAC).

“Presiden menyampaikan integrasi ekonomi merupakan suatu keniscayaan,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi di sela-sela KTT ASEAN ke-34, Bangkok, Thailand, Ahad (23/6).

Menlu Retno mengatakan Presiden paham bahwa upaya untuk melakukan integrasi ekonomi saat ini tidak mudah, karena semakin meningkatnya unilateralisme yang diambil oleh beberapa negara.

Presiden memberikan dorongan kepada kalangan swasta untuk mencari peluang di tengah situasi seperti ini.

“Karena, sekali lagi, di setiap situasi, di situ pasti ada peluang. Dan presiden menyampaikan bahwa peluang-peluang inilah yang harus dicari oleh kalangan swasta dari ASEAN di tengah seperti ini,” ujar Menlu.

Presiden juga mendorong untuk memperkuat jejaring kerja di antara kalangan swasta di ASEAN dan menyampaikan komitmen dari pemerintah negara-negara ASEAN untuk menyelesaikan negosiasi RCEP.

Presiden mengharapkan agar para pengusaha memberikan dukungan kepada upaya pemerintah menyelesaikan negosiasi RCEP yang hasilnya diharapkan akan saling menguntungkan.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER