Wanita, Menikah, Pekanbaru (8 September 2017)

Assalamualaikum wr. wb

Langsung saja ke pertanyaan yang ingin saya tanyakan :

Saya memiliki adik dan kakak kandung yang mengalami ketergantungan pada obat-obat penenang, dimana obat-obatan ini sebenarnya rekomendasi dari salah satu psikiater di Medan. Obat ini diberikan karena mereka pernah hilang kesadaran seperti mengamuk, meracau tidak jelas, hingga dirawat beberapa malam di RSJ Harmoni Medan.

Sepulang dari RSJ mereka jadi ketergantungan dengan obat tersebut sehingga kalau tidak minum obat mereka jadi susah tidur, sakit kepala, dll.

Bagaimana cara melepaskan diri dari ketergantungan obat tersebut dok?

Boleh saya direkomendasikan psikolog sekitar area Pekanbaru untuk berkonsultasi lebih lanjut karena masalah hilang kesadaran adik dan kakak saya ini sebenarnya terkait dengan banyak hal disekitar kondisi keluarga saya yang rasanya terlalu panjang jika saya ceritakan lewat email.

Sebelumnya terima kasih atas bantuannya, semoga kita semua diberi kesehatan lahir dan batin.

Wassalamualaikum



Dijawab oleh:
dr. Darisman Muis, Sp KJ, spesialis Kejiwaan


Walaikumsalam wr. wb

Terima kasih, pertanyaan yg baik sekali, dan banyak pasien yang juga mengalami seperti yang saudara ibu alami.

Sebaiknya obat diteruskan dulu, nanti psikiater akan menurunkan dosisnya secara bertahap, karena obat psikotropik tidak boleh diberhentikan mendadak, harus sesuai petunjuk dari psikiater yang merawat.

Yang dialami saudara ibu tersebut bukan ketergantungan obat, tapi merupakan kebutuhan yang sesuai dengan jenis penyakit dan keluhannya.

Untuk psikolog/psikiater silahkan berkunjung ke RSJ Tampan, Pekanbaru, ada lengkap disana. Di RSJ Tampan, Pekanbaru, juga bisa melayani pasien BPJS dan Jamkesda.

Semoga jawaban ini dapat membantu dan keluarga ibu cepat sembuh dan bisa beraktifitas dengan baik kembali.

Wassalam


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama