Masalah Ketergantungan Pada Obat Penenang

Wanita, Menikah, Pekanbaru (8 September 2017)

Assalamualaikum wr. wb

Langsung saja ke pertanyaan yang ingin saya tanyakan :

Saya memiliki adik dan kakak kandung yang mengalami ketergantungan pada obat-obat penenang, dimana obat-obatan ini sebenarnya rekomendasi dari salah satu psikiater di Medan. Obat ini diberikan karena mereka pernah hilang kesadaran seperti mengamuk, meracau tidak jelas, hingga dirawat beberapa malam di RSJ Harmoni Medan.

Sepulang dari RSJ mereka jadi ketergantungan dengan obat tersebut sehingga kalau tidak minum obat mereka jadi susah tidur, sakit kepala, dll.

Bagaimana cara melepaskan diri dari ketergantungan obat tersebut dok?

Boleh saya direkomendasikan psikolog sekitar area Pekanbaru untuk berkonsultasi lebih lanjut karena masalah hilang kesadaran adik dan kakak saya ini sebenarnya terkait dengan banyak hal disekitar kondisi keluarga saya yang rasanya terlalu panjang jika saya ceritakan lewat email.

Sebelumnya terima kasih atas bantuannya, semoga kita semua diberi kesehatan lahir dan batin.

Wassalamualaikum



Dijawab oleh:
dr. Darisman Muis, Sp KJ, spesialis Kejiwaan


Walaikumsalam wr. wb

Terima kasih, pertanyaan yg baik sekali, dan banyak pasien yang juga mengalami seperti yang saudara ibu alami.

Sebaiknya obat diteruskan dulu, nanti psikiater akan menurunkan dosisnya secara bertahap, karena obat psikotropik tidak boleh diberhentikan mendadak, harus sesuai petunjuk dari psikiater yang merawat.

Yang dialami saudara ibu tersebut bukan ketergantungan obat, tapi merupakan kebutuhan yang sesuai dengan jenis penyakit dan keluhannya.

Untuk psikolog/psikiater silahkan berkunjung ke RSJ Tampan, Pekanbaru, ada lengkap disana. Di RSJ Tampan, Pekanbaru, juga bisa melayani pasien BPJS dan Jamkesda.

Semoga jawaban ini dapat membantu dan keluarga ibu cepat sembuh dan bisa beraktifitas dengan baik kembali.

Wassalam


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda