MENU

Paman Donald dan Eyang Joe

Biden adalah satu di antara hanya dua presiden Katolik di Amerika. Sebelumnya, satu-satunya presiden Katolik adalah John F. Kennedy dan ia mati ditembak oleh Lee Harvey Oswald pada 1963. Sebelum Oswald sempat diadili, dia mati ditembak oleh Jack Ruby. Jadilah pembunuhan Kennedy misteri sampai sekarang.

Dokumen pembunuhan sudah boleh dibuka, declassified, kepada publik setelah 50 tahun. Tapi diperpanjang lagi status top secret sampai 50 tahun lagi.

Karena usia Biden yang sudah sepuh muncul rumor bahwa yang bakal menjadi real president adalah Kamala Harris, 56 tahun. Harris adalah wanita pertama yang menjadi capres di Amerika. Ia keturunan imigran India dari pihak ibu dan Afrika dari pihak bapak.

Tanda-tanda keuzuran sering tampak pada Biden. Ia sering lupa menyebut nama dan salah mengidentifikasi kota.

Pada suatu kesempatan Biden tidak ingat nama Mitt Romney, mantan capres Partai Republik, dan hanya menyebutnya “capres mormon”.

Dalam sebuah wawancara live di televisi Biden malah tidak ingat nama Trump dan menyebutnya sebagai George, mungkin maksudnya George Bush. Nyonya Jill Biden yang mendampingi sampai mengingatkan dengan bergumam menahan bibir, tapi tak urung tertangkap kamera juga.

Dua hari menjelang pemilihan di atas panggung kampanye Biden merangkul dan memperkenalkan cucu perempuannya dan menyebutnya sebagai “Beau”. Padahal Beau adalah anak pertama Biden yang sudah meninggal beberapa tahun 2015. Dalam sebuah kampanye Biden salah menyebut nama kota.

Trump, 74 tahun, menuduh Biden mengidap dementia sejenis kepikunan. Biden berang dan menantang Trump adu kecerdasan.

Sebagai Demokrat, Biden lebih memberi kebebasan kepada agama-agama termasuk Islam. Biden pendukung multikulturalisme dengan kabijakan yang lebih bersahabat terhadap imigrasi.

Sebagaimana ideologi Partai Demokrat yang mendukung kebebasan liberal individual, Biden mendukung LGBT dan pernikahan sesama jenis.

Salah satu tim inti Biden adalah Pete Buttigieg, 38 tahun, mantan walikota South Bend, Indiana, seorang gay yang resmi menikah dengan sesama pria. Buttigieg termasuk the rising star di kalangan Demokrat dan disebut-sebut sebagai calon presiden masa depan.

Vonis sudah dijatuhkan dan rakyat sudah memutuskan. Demokrasi Amerika terbukti banyak kelemahan. Seperti kata Winston Churchill, demokrasi adalah sistem pemerintahan terburuk, tapi tetap terbaik dibanding sistem lainnya.

Perseteruan Trump vs Biden masih akan terus berlanjut dan pendukung-pendukungnya akan terus saling berdemo dan membully.

Meme netizen Indonesia menggambarkan Biden akhirnya ke Gedung Putih dan Trump ke Gedung Bundar karena kejahatan pajaknya bisa menyeretnya ke penjara.

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Mungkin sebentar lagi relawan Biden juga akan berebut jadi komisaris.
Aya-aya wae. (*)

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

TERPOPULER