Kematian Saksi Kunci e-KTP: “Nama Besar” Pantas Dicurigai

Febri Diansyah, Juru Bicara KPK.

Sulit menolak dugaan para penganut teori konspirasi yang meyakani bahwa kematian Marliem sudah direkayasa oleh oknum pejabat tinggi yang tersangkut skandal e-KTP. Kemungkinan itu sangat besar. Sebab, “nama besar” ini memiliki sumberdaya (resource) yang boleh dikatakan tak terbatas.

Dia punya banyak uang. Bagi dia, tidak masalah kalau harus mengeluarkan jutaan dollar untuk menghabisi Marliem agar rekaman itu bisa dilenyapkan.

Organisasi besar saja bisa dibiayainya, sampai-sampai semua petinggi organisasi itu siap membela dia mati-matian agar si “nama besar” bisa lolos dari jerat hukum. Orang dengan “nama besar” ini sudah terbiasa mencari jalan selamat dengan menghalalkan segala cara.

Karena itu, tidak berlebihan untuk mencurigai keterlibatan si “nama besar” dalam kematian Marliem. Tidaklah salah kalau orang mengatakan bahwa ahli teknologi biometrik itu lebih masuk akal dibunuh ketimbang bunuh diri.

Kalaupun dia disimpulkan bunuh diri, maka tidak salah untuk disebut sebagai bunuh diri karena tak sanggup menghadapi tekanan berat dari si “nama besar”.

*) Penulis adalah Wartawan Senior

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER