Kewajiban Taat Kepada Sang Ayah

Sy. Ibnu Umar RA mengungkapkan bahwa ia dulu mempunyai seorang istri yang sangat dicintainya. Namun, karena ayahnya (Sy. Umar bin Khaththab RA) tidak menyukainya, lalu menyuruhnya menceraikannya. Kemudian Sy. Ibnu Umar menghadap Rasulullah SAW dan menceritakan hal tersebut kepada beliau SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Wahai Abdullah, ceraikanlah istrimu.” (HR. At-Tirmidzi dan Abu Dawud).

Ketaatan seseorang itu tidak hanya diwajibkan kepada ibunya, namun terhadap sang ayah pun tetap diperintahkan oleh syariat. Bahkan apa yang dikisahkan oleh Sy. Ibnu Umar sebagai pengalaman pribadi beliau, dapat dijadikan pelajaran penting bagi umat Islam.

Cinta terhadap istri pilihan sendiri, justru dapat dikalahkan oleh kewajiban mentaati perintah ayahnya, sehingga Sy. Ibnu Umar harus rela menceraikan istri yang dicintainya tersebut demi memenuhi perintah sang ayah.

Sekalipun seorang ayah itu tidak ikut melahirkan dan menyusui, namun ayah tetap saja mempunyai hak terhadap anak-anaknya yang harus dipenuhi oleh mereka.

Sy. Rafi’ ibnu Sinan RA memberitahukan bahwa ia masuk Islam sedangkan istrinya belum mau memeluk Islam. Lalu istrinya mengatakan kepada Nabi S.A.W, “Ini anak perempuanku.”

Sy. Rafi’ juga mengatakan pengakuan yang sama.

Maka Rasulullah SAW bersabda kepada Rafi’, “Duduklah engkau di sana.”

Lantas kepada istri Rafi’ Rasulullah SAW mengatakan, “Dan engkau duduklah di tempat yang lain.”

Lalu Nabi SAW mendudukkan anak perempuan itu di antara keduanya. Lantas beliau SAW bersabda kepada Sy, Rafi’ dan istrinya, “Panggilah dia oleh kalian berdua.”

Setelah Rafi’ dan istrinya sama-sama memanggil anak mereka, maka anak perempuan itu cenderung kepada ibunya. Lalu Rasulullah SAW berdoa, “Wahai Allah, berilah dia petunjuk.”
Seketika anak perempuan itu berubah menjadi cenderung kepada ayahnya dan Rafi’ segera membawanya pergi.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i).

Riwayat ini menunjukkan betapa besar nilai hak ayah terhadap anak-anaknya, hingga Rasulullah SAW ikut mendoakan agar putrinya Sy. Rafi’ ikut ayahnya yang sudah masuk Islam, dan secara otomatis akan merawatnya secara islami.

Dua riwayat hadits ini sudah cukup untuk menjadi dasar bahwa ketaatan seorang anak kepada ayahnya itu termasuk perintah syariat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Demokrasi di Minangkabau

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.