Ustadz Somad: Umat Islam Harus Andil Menentukan Kepemimpinan

3
232
  • 2.1K
    Shares
Ustad Abdul Somad saat berceramah di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (14/3/2018).(foto:Mica/Seruji)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Ustadz Abdul Somad melakukan safari dakwah ke Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (14/3). Ustadz jebolan Al Azhar Mesir itu membahas soal syarat kepemimpinan dalam Islam.

“Pemimpin haruslah Islam agar peduli terhadap generasi Islam. Kalau tak Islam, bagaimana pula mau peduli terhadap generasi Islam. Dan Islam wajib punya kekuasaan agar mampu menjadi pemimpin,” kata ustadz Somad saat memberi tausyiah di Pondok Pesantren Musthafawiyah.

Kemudian, syarat kedua, kata ustadz Abdul Somad, pemimpin harus sederhana. Tidak bermewahan walau memiliki harta banyak.

Loading...

“Hartanya lebih suka disumbang buat masjid dan anak yatim serta janda tua,” kata ustadz kelahiran Asahan tersebut.

Dengan ciri khasnya, ustadz Somad melanjutkan isi ceramahnya.

“Kemudian yang ketiga, syarat kepemimpinan dalam Islam yakni punya pengetahuan. Punya kepedulian terhadap masjid karena sesungguhnya masjid juga adalah ujung tombak pengetahuan Islam,” jelasnya.

Kemudian, pemimpin itu harus adil. Kalau sudah adil, rakyat makmur. “Makanya dalam pembukaan UUD kita ada kata adil dulu baru diikuti kata makmur,” imbuhnya.

Dalam tahun politik seperti saat ini, ustad Somad mengimbau ummat Islam harus andil dan ambil bagian dalam menentukan kepemimpinan.

“Bapak Ibu Saudara ku sekalian. Mencoblos di bilik suara bukan sekadar mencucuk gambar calon pemimpin yang akan kita pilih. Tapi kita sudah bersaksi bahwa yang kita pilih itu adalah orang-orang yang mampu memperjuangkan Islam,” katanya.

Usai tausyiah di Ponpes Musthafawiyah, ustadz Somad melanjutkan safari dakwah untuk peringatan hari jadi ke-19 Pemkab Madina.

Peringatan dihelat di Komplek Pertapakan Kantor Bupati Madina Paya Loting. Setelah itu, rombongan ustadz Somad melanjutkan Tausyiah ke Kecamatan Siabu Madina dan bertolak ke Kota Padangsidimpuan mengisi tabligh akbar di Masjid Al Abrar pada malam harinya. (Mica/Hrn)

loading...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU