KAPAN PEMIMPIN HARUS DIPATUHI ?

Luthfi Bashori

Suatu saat Rasulullah SAW mengirim satu pasukan dan mengangkat seorang Anshar sebagai pemimpin, serta memerintahkan agar seluruh pasukan mematuhi pemimpinnya.

Di tengah jalan, tiba-tiba pemimpin itu marah besar dan berkata, “Bukankah Nabi SAW sudah memerintahkan kalian agar patuh kepadaku ?”

“Betul,” jawab mereka.

Sang pemimpin itu menginstruksikan, “Sekarang kumpulkan kayu bakar dan nyalakanlah, lalu kalian harus masuk ke dalamnya.”

Dengan patuh mereka pun menyalakan kayu bakar. Tatkala akan memasukinya, mereka saling pandang.

Lantas ada yang berkata, “Kita mengikuti Rasulullah SAW itu karena takut api neraka, apakah kita akan memasukinya ?”

Mereka bimbang antara ingin mematuhi pemimpinnya atau menolaknya, hingga api itu pun padam dan redalah kemarahan sang pemimpin.

Selanjutnya peristiwa itu dilaporkan kepada Rasulullah SAW. Lalu beliau SAW bersabda, “Seandainya mereka masuk ke dalam api itu, mereka tidak akan keluar selamanya, (hingga akan masuk neraka).

Kepatuhan itu hanya dalam kebaikan.” (HR. Jamaah Ahli Hadist).

Jadi, patuh kepada pemimpin itu jika tidak bertentangan dengan syariat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Adil dan Beradab

Mempertentangkan syariat Islam dengan Pancasila adalah ahistoris dan tidak logis. Apalagi, faktanya, syariat Islam memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Muslim Indonesia.

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER