Tetap Terlayani Saat Libur Lebaran, Peserta BPJS Tak Perlu Cemas

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyatakan peserta jaminan kesehatan nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir selama libur lebaran Idul Fitri 2018 sebab seluruh layanan akan tetap diterima oleh peserta.

“Peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Aldiana di Banda Aceh, Senin (4/6).

Pernyataan itu disampaikannya dalam konferensi bertajuk mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan dalam rangka libur lebaran Idul Fitri 2018 yang turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, Warqah Helmi.

Ia menjelaskan untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apa bila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh layanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar dalam FKTP tersebut.

“Pada keadaan darurat seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjut wajib memberikan pelayanan penanganan pertama pada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasikitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya pada peserta,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada peserta JKN-KIS untuk memastikan status kepesertaan sebab pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta dengan status aktif, karenanya setiap peserta harus memastikan telah membayar iuran secara disiplin.

Ia menambahkan dalam memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan aplikasi mudik BPJS kesehatan yang dapat di unduh secara gratis di google play store pada perangkat android. Aplikasi tersebut menyediakan telpon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas mitra BPJS Kesehatan tanya jawab, info, tips, lokasi penting dan media sosial BPJS Kesehatan.

Ia mengatakam Kantor BPJS Cabang Banda Aceh akan tetap beroperasi pada tgl 11,12, 13, 14, 18,19 dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Ada pun pelayanan yang diberikan seperti pengaduan, informasi, pelayanan administrasi, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN, pendaftaran peserta PBI APBD bagi Pemda yang telah universal health coverage. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.