Suka Ngemil Kuaci? Berikut Manfaatnya Untuk Kesehatan

SERUJI.CO.ID – Kuaci biji bunga matahari memiliki nutrisi yang kaya dengan takaran saji biasanya satu ons atau sekitar seperempat cangkir atau empat sendok makan, dilansir Time, Rabu (17/10) waktu setempat.

Biji bunga matahari juga kaya lemak sehat. Satu sajian memberikan 14 gram campuran lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh lebih dari satu (poly).

“Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh lebih dari satu dalam biji bunga matahari menunjukan manfaat kesehatan utamanya yang ada kaitannya dengan kesehatan jantung dan penyakit risiko kardiovaskular,” kata ahli nutrisi Alissa Rumsey.

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E (yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung), folat (penting untuk sintesis DNA), fosfor (kunci untuk kesehatan tulang), selenium (antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel), dan mangan (yang membantu produksi tulang).

Juga mengandung tembaga (yang membantu kesehatan jantung dan fungsi kekebalan tubuh), B6 (baik untuk perkembangan kognitif dan fungsi) dan seng (penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh), kata ahli nutrisi terdaftar Maxine Yeung.

Biji bunga matahari terutama kaya magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda.

“Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli nutrisi terdaftar Brian St Pierre.

“Ini juga merupakan komponen penting dari tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot.”

Cara sehat makan biji bunga matahari

Orang Indonesia biasanya memakannya sebagai camilan, kuaci. Namun cara lain memakan biji matahari bisa ditambahkan pada oatmeal, yoghurt, sup atau salad.

Namun harus diingat bahwa biji bunga matahari adalah makanan yang tinggi lemak.

Sehingga kontrol porsi adalah kunci sehingga manfaat kesehatan bisa tetap didapat sambil menghindari kelebihan kalori, kata Yeung.

Dan karena biji bunga matahari memiliki jumlah lemak yang bagus, mereka bisa menjadi cepat tengik, jadi pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.