Suami Cenderung Tularkan HIV/AIDS Pada Istri

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Perempuan cenderung mengidap Human Immunodeficiency Virus infection atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). Biasanya penular utama bagi kaum hawa tersebut justru terjadi akibat terdampak dari suami mereka.

“Kasusnya selama ini mereka hanya sebagai korban, bukan akibat dari perilaku langsung mereka sendiri,” kata Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumatera Utara (Sumut) Ramadhan, Jumat ( 9/3).

Menurut Ramadhan, perempuan menjadi korban lantaran suami merekalah yang membawa virus tersebut. Hal itu umumnya berlangsung pada lelaki yang berperilaku seks bebas, sehingga tanpa sengaja membawa penyakit HIV/AIDS ke rumah tangganya. “Malah kalau PSK (pekerja seks komersial) sebenarnya kecil kasusnya. Kasus yang besar karena terbawa perilaku seks bebas suami. Itu pola yang ada selama ini,” jelas Ramadhan.

Dia menambahkan para suami umumnya tidak pernah mau untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan guna mencari tahu apakah telah mengidap HIV/AIDS atau tidak.

“Selain itu, meskipun ada yang sudah mengetahui jika dirinya tertular, suami juga merasa gengsi untuk memberitahukan kondisinya kepada istrinya. Akhirnya si istri yang terinfeksi. Mereka pun menjadi korban dark perilaku suami sendiri,” pungkasnya.

Terpisah, Program Manager Medan Plus Priasih mengatakan data yang mereka miliki dari Dinas Kesehatan Sumut hingga Juli 2017 terdapat 874 orang perempuan yang menderita HIV. Sedangkan untuk AIDS, ada 1.068 orang perempuan.

“Kami berharap kaum perempuan dapat lebih meningkatkan kesadarannya pada kesehatan. Agar perempuan tidak terlambat untuk mengetahui statusnya, serta bisa segera melakukan pengobatan jika sudah HIV positif,” tandasnya. (Mica/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER