BPJS Kesehatan Balikpapan Andalkan Program Rujuk Balik

BALIK PAPAN, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadikan Program Rujuk Balik (PRB) sebagai satu program andalan melayani peserta, terutama untuk mereka yang menderita penyakit kronis seperti sakit jantung.

Menurut dr Nani Prasodjo SpPD dari BPJS Kesehatan Balikpapan, Ahad (10/12), PRB diberikan kepada penderita penyakit kronis yang dalam kondisi stabil, namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang.

Layanan ini diberikan mulai di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas, klinik, atau dokter praktik perorangan, hingga fasilitas tingkat lanjut (rumah sakit dan klinik utama) atas rekomendasi atau rujukan dari dokter spesialis yang merawat.

Ia juga memberikan contoh-contoh persoalan yang terjadi dalam penerapan PRB di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau lanjutan. BPJS Kesehatan memasangkan PRB dengan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Dalam Prolanis tersebut, pasien peserta BPJS Kesehatan diingatkan mulai dari mengenai pentingnya disiplin meneruskan terapi, sampai mengatur jadwalnya dengan dokter yang berkompeten, dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Program Rujuk Balik ini sangat efektif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, baik di tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan. Untuk itu, perlu keaktifan semua yang terlibat, yaitu fasilitas kesehatan tingkat pertama, fasilitas tingkat lanjut, dan pesertanya sendiri,” kata dr Nani.

Dengan demikian, pasien dapat dilayani lebih cepat tanpa antre lama, seperti lazimnya mengantre dokter spesialis di rumah sakit.

“Kami berharap ini meningkatkan pemahaman provider kami baik klinik dan rumah sakit serta memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di lapangan,” pungkas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Anindha Yusdhita. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.